Siklon Tropis Ilsa Terpantau Muncul, BMKG Imbau Sejumlah Daerah Ini Waspada!

Siklon Tropis Ilsa Terpantau Muncul, BMKG Imbau Sejumlah Daerah Ini Waspada!
BMKG merilis daftar daerah yang harus mewaspadai dampak Siklon Tropis Ilsa dalam peringatan dini cuaca di wilayah NTT yang berlaku 13-15 April. Ilustrasi Foto: M Fathra Nazrul Islam/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis daftar daerah yang harus mewaspadai dampak Siklon Tropis Ilsa dalam peringatan dini cuaca di wilayah NTT yang berlaku 13-15 April.

Kepala Stasiun Meteorologi El Tari Kupang BMKG Agung Sudiono Abadi mengatakan Siklon Tropis Ilsa terpantau muncul di wilayah selatan Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur.

Adapun siklon tersebut mampu memicu timbulnya hujan dan angin kencang.

"Siklon tropis Ilsa yang terpantau di Samudera Hindia selatan Pulau Sumba, tepatnya di sekitar 15.7°LS – 119.8°BT perlu diwaspadai karena masih memberi dampak tidak langsung terhadap cuaca di wilayah NTT berupa hujan dan angin kencang," kata di Kupang, Kamis (13/4).

Agung menjelaskan selain Siklon Tropis Ilsa, aktifnya gelombang ekuatorial Rossby, suhu muka laut yang hangat, serta didukung adanya daerah konvergensi dan belokan angin di wilayah NTT mampu meningkatkan pertumbuhan awan hujan di wilayah NTT.

BMKG pun merilis daerah di NTT yang berpeluang dilanda hujan ringan hingga deras yang dapat disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat.

Agung mengimbau warga di daerah-daerah dengan potensi tersebut agar mewaspadai dampak hujan dan angin kencang yang dapat menyebabkan bencana hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor.

Agung menambahkan warga yang bermukim di wilayah curam atau tebing patut lebih waspada dan segera mengevakuasi diri secara mandiri ketika terjadi hujan deras lebih dari satu jam dan objek pada jarak 30 meter tidak lagi terlihat.

BMKG merilis daftar daerah yang harus mewaspadai dampak Siklon Tropis Ilsa dalam peringatan dini cuaca di wilayah NTT yang berlaku 13-15 April.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News