SIM Online dan e-TLE Bukti Pelayanan Polri Makin Presisi

SIM Online dan e-TLE Bukti Pelayanan Polri Makin Presisi
Pengamat kepolisian, Dr Edi Hasibuan. Foto: ANTARA/Kodir

jpnn.com, JAKARTA - Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) mengapresiasi kinerja jajaran Korlantas Polri di bawah kepemimpinan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, yang dinilai banyak mengalami perubahan.

Korlantas Polri kini lebih mengedepankan tindakan simpatik di jalan raya.

Menurut Direktur Eksekutif Lemkapi Edi Hasibuan, apresiasi diberikan karena tindakan simpatik di jalan raya banyak dipuji masyarakat.

"Kami melihat wajah kinerja Polantas banyak diapresiasi di jalan raya. Perubahan ini sangat positif dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada Polri," ujar Edi dalam keterangannya, Selasa (23/2).

Mantan anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) itu menyebut, korlantas kini terlihat lebih banyak mengedepankan penegakan hukum yang humanis.

Baik itu berupa teguran maupun penyuluhan kepada masyarakat.

Pakar hukum ilmu kepolisian dari Universitas Bhayangkara, Jakarta ini juga menyampaikan pujian, atas respons cepat Korlantas Polri terkait rencana penerapan tilang elektronik atau elektronik traffic law enforcemen (e-TLE) yang bakal berlaku secara nasional.

Menurutnya, penerapan teknologi tinggi untuk mendukung program Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menuju kepolisian yang Presisi (prediktif, respobsibilitas dan transparansi berkeadilan).

Lemkapi menilai kebijakan penerapan e-TLE dan SIM online menjadi bukti pelayanan Polri makin Presisi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News