Simak, 3 Rekomendasi KPAI terkait Pembelajaran Tata Muka pada Juli 2021

Simak, 3 Rekomendasi KPAI terkait Pembelajaran Tata Muka pada Juli 2021
Retno Listyarti. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mengeluarkan tiga rekomendasi kepada kepala daerah terkait rencana pembelajaran tatap muka (PTM) pada Juli mendatang.

"Untuk mencegah terjadinya klaster baru (Covid-19, red) di sekolah, KPAI mengeluarkan tiga rekomendasi,” kata Komisioner KPAI Bidang Pendidikan Retno Listyarti Retno di Jakarta, Minggu (21/3).

Retno menyebut tiga rekomendasi kepada kepala daerah. Pertama, KPAI mengapresiasi sejumlah pemerintah daerah yang sudah memulai perencanaan PTM dengan mitigasi risiko yang baik.

Namun, KPAI meminta sekolah-sekolah tetap didampingi dan dibantu pembiayaan dalam penyiapan infrastruktir dan prokes/SOP AKB di satuan pendidikan.  

“Pemda juga harus memastikan bahwa Prokes/SOP sudah disosialisasikan ke seluruh warga sekolah tanpa kecuali dan para orang tua siswa," kata Retno.

Kedua, KPAI mendorong pemda untuk berhati-hati dalam membuka sekolah pada Juli 2021 mengingat ada liburan lebaran pada Mei 2021 akan memicu pergerakan orang secara besar-besaran karena mudik.

KPAI mencatat setelah pada Juni 2021, ada liburan kenaikan kelas yang juga akan memicu pergerakan orang mengunjungi keluarga dan ke tempat rekreasi. 

Pergerakan orang ini berpotensi besar akan meningkatkan kasus Covid-19 di berbagai daerah.

KPAI mengeluarkan tiga rekomendasi kepada kepala daerah terkait rencana pembelajaran tatap muka (PTM) pada Juli mendatang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News