SIMAK! Harapan Presiden Jokowi Terhadap ISC-A

SIMAK! Harapan Presiden Jokowi Terhadap ISC-A
Presiden Jokowi menendang bola, membuka laga final Piala Bhayangkara 2016. Foto: Ricardo/dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA – Presiden Joko Widodo sudah memberikan isyarat bahwa dia akan hadir sebagai penendang bola pertama dalam kompetisi Indonesia Soccer Championship (ISC)-A 2016.

Dengan demikian, mestinya Tim Transisi PSSI dan BOPI (Badan Olahraga Profesional Indonesia) sudah tidak punya alasan lagi untuk tidak memberikan rekomendasi kepada kompetisi terobosan tersebut. 

“Presiden pastikan juga bahwa akan hadir dalam pembukaan kompetisi ISC di Jayapura pada 29 April nanti,” kata juru bicara kepresidenan Johan Budi saat menerima utusan peserta ISC-A, klub Divisi Utama, dan perwakilan Asosiasi Provinsi PSSI di Istana Presiden, Jakarta, kemarin (15/4).

Pernyataan presiden tersebut dibenarkan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi setelah pertemuan.

Hanya saja, lewat rilis resmi yang dipublikasikan oleh pihak istana, orang nomor satu di tanah air itu berharap bahwa, kompetisi terobosan tersebut harus dibarengi dengan semangat reformasi tata kelola sepak bola. 

Sebab, mantan gubernur DKI Jakarta itu meyakini bahwa sepak bola Indonesia memiliki fanatisme yang sudah terbentuk, terutama bila dilihat dari sosial media. 

“Peluang ini sebetulnya memberikan optimisme  dan prospek ke depan bagi persepakbolaan Indonesia. Asalkan, kita harus mengelolanya dengan betul dan benar,” lanjut Joko Widodo. 

Sebagai catatan, pertandingan perdana ISC-A tersebut akan mempertemukan tuan rumah Persipura Jayapura dan Persija Jakarta di Stadion Mandala, Jayapura, Papua.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News