Sinergi jadi Kunci Sukses Mewujudkan Reforma Agraria

Sinergi jadi Kunci Sukses Mewujudkan Reforma Agraria
Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Maluku Utara Abdul Azis. Foto: Kementerian ATR/BPN.

jpnn.com, JAKARTA - Pelaksanaan Reforma Agraria tidak hanya menjadi tugas Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), melainkan  sejumlah kementerian/lembaga. 

Sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 86 Tahun 2018 tentang Reforma Agraria, pemerintah telah membentuk Tim Reforma Agraria Nasional, yang diketuai langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. 

Direktur Jenderal (Dirjen) Penataan Agraria Kementerian ATR/BPN Andi Tenrisau mengatakan bahwa Reforma Agraria diselenggarakan oleh beberapa K/L. 

“Dengan melihat hal tersebut, saya melihat bahwa sinergi menjadi kata kunci suksesnya pelaksanaan Reforma Agraria,” ujar Andi saat memberikan sambutan pada Rapat Koordinasi Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) Provinsi Maluku Utara secara daring, Jumat (27/8).

Dalam pelaksanaan Reforma Agraria, Tim Reforma Agraria Nasional dibantu oleh GTRA Pusat. 

Andi Tenrisau mengungkapkan bahwa dalam struktur organisasinya, GTRA Pusat diketuai oleh Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan A. Djalil.

Melihat struktur pelaksanaannya, lanjuta Andi, hampir semua K/L, serta organisasi perangkat daerah (OPD) terlibat dalam hal ini. Oleh karena itu, komitmen dan sinergi menjadi hal yang penting untuk diingat. 

“Kita juga perlu membangun kesepahaman sehingga pelaksanaan Reforma Agraria menjadi efektif dan efisien,” kata dia. 

Dirjen Penataan Agraria Kementerian ATR/BPN Andi Tenrisau mengatakan bahwa komitmen dan sinergi menjadi suksesnya pelaksanaan Reforma Agraria. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News