Sintas, Lagu Perjuangan dari Tashoora

Sintas, Lagu Perjuangan dari Tashoora
Tashoora. Foto: Dedi Yondra/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Grup musik Tashoora mempersembahkan lagu terbaru berjudul 'Sintas'. Lagu ini dibuat band yang diisi Danang Joedodarmo, Dita Permatas, Gusti Arirang, dan Ikhwan Hastanto itu terinspirasi kisah bangkitnya para penyintas konflik yang juga berkontribusi langsung pada kemanusiaan di sekitarnya.

Sintas lahir berkat kerja sama Tashoora dengan Narasi. Lagu ini dibuat sebagai soundtrack resmi The Invisible Heroes, serial dokumenter rekam jejak perjuangan para penyintas konflik dalam menjalani hidup sehari-hari sembari berusaha melupakan bayangan kepahitan masa lalu. Penyintas yang diangkat serial ini tidak terbatas hanya pada konflik perang saja, namun juga diskriminasi rasial, konflik berbasis gender dan kelas, bencana alam, body-shaming, hingga perundungan.

"Kami senang sekali bisa bergerak bersama Narasi dan PUSAD untuk mengawal isu-isu yang memang perlu diperjuangkan," kata Gusti Arirang, vokalis sekaligus pemain bass Tashoora kepada jpnn.com, Jumat (13/3).

Tashoora mengerjakan lagu Sintas selama satu bulan penuh. Lagu ini ditulis secara kolektif oleh seluruh personel. Sintas berupaya membawa perspektif penyintas konflik dalam perjuangannya keluar dari bayang-bayang masa lalu. Menolak mati dan menguatkan sesama menjadi pesan yang dibawa.

"Selain harus menghadapi trauma dan berdamai dengan diri sendiri, para penyintas juga berhadapan dengan masyarakat yang terjebak pada stigma-stigma yang merendahkan. Untuk menjadi lebih kuat kita harus berjalan bersama-sama, harus saling menguatkan," beber Danang, gitaris dan vokalis Tashoora.

Sintas menjadi lagu pertama yang dirilis Tashoora pada 2020, sekaligus jadi penanda atas bergabungnya Ikhwan Hastanto di grup musik ini. Awan, panggilan akrabnya, resmi melengkapi Tashoora yang sudah tujuh kali berganti formasi.

"Semoga lagu ini bisa menjadi soundtrack untuk menguatkan para penyintas konflik, dan bisa menjadi pengingat untuk saling menguatkan," ujar Adryanto Pratono, CEO Juni Records, label yang menaungi Tashoora.

Karya terbaru Tashoora yakni Sintas sudah bisa didengarkan di berbagai platform musik digital mulai 13 Maret 2020. Beragam komentar positif berdatangan, salah satunya dari presenter Najwa Shihab, yang juga bagian dari Narasi.

Lagu Sintas terinspirasi kisah bangkitnya para penyintas konflik yang juga berkontribusi langsung pada kemanusiaan di sekitarnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News