Sistem Konvensi PD Berbeda

Sistem Konvensi PD Berbeda
Sistem Konvensi PD Berbeda
JAKARTA – Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat, Kastorius Sinaga, menyatakan konvensi yang akan digelar Partai Demokrat sangat berbeda dengan yang dilakukan di Amerika Serikat maupun yang sebelumnya dilakukan Partai Golkar.

Perbedaan antara lain, bahwa komite konvensi PD nantinya akan direkrut dari ekternal partai yang dinilai memiliki kapasitas yang diakui publik. Misalnya pakar komunikasi, ahli militer dan lain-lain. Sementara di AS dan Golkar, komite konvensi berasal dari partai, oleh partai dan untuk partai.

“Nah untuk itu kita akan membentuk komite konvensi September mendatang. Merekalah nanti yang menyusun mekanisme pendaftaran, mereka juga yang menyeleksi dan membuat kriteria. Tim komite nantinya terdiri dari orang-orang yang tidak memiliki kepentingan. Langkah ini untuk semakin mematangkan independensi,” katanya di Jakarta, Kamis (20/6).

Menurut Kastorius, di AS hasil konvensi ditentukan suara pengurus partai di daerah. Dan hasil tersebut yang kemudian menentukan rating. Sementara di PD nantinya, yang menentukan layak tidaknya atau menangnya seorang peserta, murni hasil survei publik yang dilakukan secara nasional maupun per wilayah.

JAKARTA – Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat, Kastorius Sinaga, menyatakan konvensi yang akan digelar Partai Demokrat sangat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News