Sistem Layanan NLE Sudah Diterapkan di 14 Pelabuhan Nasional, Sinergi Antarinstansi jadi Kunci

Sistem Layanan NLE Sudah Diterapkan di 14 Pelabuhan Nasional, Sinergi Antarinstansi jadi Kunci
Sistem layanan NLE saat ini telah diterapkan secara bertahap menyesuaikan kondisi dan level maturity system pada 14 lokasi pelabuhan nasional sesuai dengan target implementasi dalam Program Stranas-PK. Foto: Dokumentasi Humas Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Sejak diinisiasi pada pertengahan 2020, program National Logistics Ecosystem (NLE) atau Ekosistem Logistik Nasional yang merupakan amanat Inpres Nomor 5 Tahun 2020 telah mulai menghadirkan jaringan barbasis digital secara bertahap dan berkelanjutan.

Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai Hatta Wardhana menjelaskan NLE merupakan ekosistem logistik nasional yang menyelaraskan arus lalu lintas barang dan dokumen internasional sejak kedatangan sarana pengangkut hingga barang tiba di gudang dan sebaliknya.

"Mengacu pada empat pilar, yaitu simplifikasi proses bisnis pemerintah, kolaborasi platform logistik, kemudahan dan fasilitas pembayaran, serta tata ruang kepelabuhan, NLE diharapkan mampu mendorong biaya logistik yang kompetitif dan transparansi layanan-layanan logistik," kata Hatta Wardhana, Jumat (2/12).

Pembangunan dan penyempurnaan sistem information technology (IT) yang merupakan backbone NLE terus dilakukan.

Di sektor layanan logistik pemerintahan, NLE hadir dengan layanan Single Subsmission (SSm) yang meliputi SSm Pabean Karantina, SSm Pengangkut, dan SSm Perizinan.

Layanan-layanan lainnya yang menjadi bagian dari program NLE, yaitu DO Online, SP2 Online, Autogate/Gate System, Single Truck ID (STID).

Dia juga menyampaikan beberapa sistem lainnya hingga saat ini masih dalam tahap pengembangan, yaitu sistem Single Billing PNBP dalam rangka SSm Pengangkut yang sedang dikembangkan oleh Kemenkeu dan sistem Terminal Booking System (TBS) oleh Pelindo.

Menurut Hatta, dengan melibatkan dukungan lebih dari 15 kementerian atau lembaga, potensi membangun sistem layanan logistik nasional yang lebih efisien terasa semakin terbuka.

Program NLE atau Ekosistem Logistik Nasional telah mulai menghadirkan barbasis digital secara bertahap dan berkelanjutan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News