JPNN.com

Siswa SMK Kurang Berminat jadi Sales, Begini Terobosan Kemendikbud dan AGMARI

Selasa, 27 Oktober 2020 – 23:56 WIB
Siswa SMK Kurang Berminat jadi Sales, Begini Terobosan Kemendikbud dan AGMARI - JPNN.com
Pembina AGMARI Dedy Budiman. Foto tangkapan layar zoom

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat dan Praktisi Pendidikan Dedy Budiman mengungkapkan fenomena menarik dari siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Mayoritas siswa SMK lebih tertarik menjadi wirausaha. Namun, sangat sedikit yang tertarik dengan dunia marketing.

Padahal, dunia usaha sangat erat kaitannya dengan marketing. Bagaimana suatu usaha bisa berkembang bila tidak didukung oleh sales.

"Rerata siswa SMK enggan jadi sales. Namun, mereka sangat tertarik jadi pengusaha," kata Dedy dalam press conference virtual Komunitas Sales Indonesia (KOMSI) dan Asosiasi Guru Marketing Indonesia (AGMARI), Selasa (27/10).

Pembina AGMARI ini menambahkan, untuk menjadi wirausaha, strategi pemasaran harus dikuasai. Itu sebabnya siswa SMK harus dibekali dengan berbagai kemampuan agar sesuai keinginan dunia industri dan usaha.

Seperti yang dilakukan AGMARI dan KOMSI dengan membuat program-program untuk siswa SMK jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP) di seluruh Indonesia. Walaupun masa pandemi COVID-19, tidak membatasi upaya  mereka mendukung siswa agar bisa meningkatkan kompetensi sesuai dengan dunia industri.

Beberapa program yang diadakan selama masa pandemi ini adalah SMK Marketing Competition (SMC) 2020. Ini merupakan kompetisi antarsiswa SMK jurusan Bisnis Daring Pemasaran yang didukung penuh Direktorat SMK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Astraotoshop.

Kemudian PKL Online, yang digagas AGMARI. Pelaksanaan PKL online dengan model New PKL merupakan salah satu cara penerapan program SMK tetap berjalan.

Selanjutnya LKS (Lomba Kompetensi Siswa) Marketing. LKS merupakan program tahunan yang diselenggarakan Direktorat SMK Kemendikbud. Tahun ini di bawah Pusat Prestasi Nasional, LKS untuk BDP diselenggarakan dengan materi kekinian.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
fri