Situs Kuil Pertama di Dunia Dianggap Lebih Tua Ketimbang Adam, Buatan Alien?

Situs Kuil Pertama di Dunia Dianggap Lebih Tua Ketimbang Adam, Buatan Alien?
Situs purbakala Gobekli Tepe di Sanli Urfa, Turki. Foto: Hurriyet Daily News

jpnn.com, TURKI - Turki memiliki situs kuno bernama Gobekli Tepe. Peninggalan era neolitik itu terletak di Sanli Urfa.

Arkeolog Jerman Klaus Schmidt yang meneliti Gobekli Tepe menyebut situs itu merupakan kuil pertama di dunia. Tempat pemujaan tersebut diperkirakan dibangun pada 9500-8000 sebelum Masehi (SM).

Gobekli Tepe terdiri dari sejumlah pilar batu berukuran besar. Ada hiasan berupa antropomorfik (gambar menyerupai manusia), pakaian, dan binatang liar pada pilar-pilar di situs dengan struktur melingkar itu.

Situs tersebut dianggap lebih tua ketimbang Adam. Leluhur manusia modern itu -menurut kepercayaan Yahudi, Kristen, dan Islam- diperkirakan hidup pada masa 5872-4942 SM.

Wali Kota Sanli Urfa Zeynel Abidin Beyazgul menduga Gobekli Tepe dibangun alien atau makhluk asing dari luar bumi.

“Patung-patung di Gobekli Tepe menggambarkan sesuatu selain manusia,” ujarnya dalam wawancara dengan Harian Milliyet belum lama ini.

Menurutnya, manusia pada masa itu mengenakan pakaian dari kulit berbulu. Namun, antropomorfik di Gobekli Tepe terlihat memiliki pakaian dengan pola ‘V-neck’ atau ‘leher V’ seperti busana manusia modern.

“Siapakah orang-orang ini?” ucapnya.

Turki memiliki situs kuno bernama Gobekli Tepe. Peninggalan era neolitik itu terletak di Sanli Urfa. Situs tersebut dianggap lebih tua ketimbang Adam.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News