Skenario Antisipasi Macet di Tol Brebes Timur saat Arus Balik

Skenario Antisipasi Macet di Tol Brebes Timur saat Arus Balik
Macet. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Kakorlantas Polri, Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), dan instansi terkait menggelar rapat koordinasi menghadapi arus balik nanti.

Berkaca pada arus mudik, kemacetan parah terjadi, salah satunya yaitu karena tol Brebes Timur (Brexit), hanya memiliki lima gerbang.

Kepala BPJT Herry Trisaputra Zuna mengungkapkan, untuk mengantisipasi arus balik nanti, pihaknya akan memaksimalkan fungsi gerbang tol Brebes Timur (Brexit).

Selain itu, BPJT dan kepolisian akan melakukan beberapa rekayasa lalu lintas mencairkan kemacetan.

‎"Jadi untuk Brexit, pintu tol gatenya semua kami utamakan dari timur. Nah masuknya di balik,‎ kalau sudah mengular sampai lima kilometer, kami arahkan ke Brebes Barat. Brebes Barat penuh, kami alihkan ke Pejagan," ujar Herry di Korlantas Polri, Pancoran, Jakarta, Selasa (6/7).

Herry menilai, jika kemacetan bisa diurai di gerbang tol Brexit, maka dipastikan lalu lintas akan lancar hingga Cipali. Di sisi lain, Harry mengimbau agar pemudik tidak terpaku menggunakan jalur tol Brexit pada arus balik nanti.

Harry meminta, agar pemudik lebih dulu menganalisis jalur yang akan digunakan saat arus balik lewat media massa atau mencari informasi ke kepolisian setempat.

‎Sementara itu, mengenai jalur alternatif, Harry memandang, pemudik bisa menggunakan jalur yang biasa digunakan, sebelum tol Brexit dan Cipali beroperasi. Menurut dia, jalur Selatan dan Pantura bisa jadi opsi perjalanan pemudik.

JAKARTA - Kakorlantas Polri, Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), dan instansi terkait menggelar rapat koordinasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News