Skenario Kenaikan TDL Sedang Dibahas

Skenario Kenaikan TDL Sedang Dibahas
Skenario Kenaikan TDL Sedang Dibahas
JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Hatta Radjasa mengatakan bahwa kenaikan Tarif Dasar Listrik (TDL) pada pertengahan tahun ini tidak akan bisa terhindarkan lagi. Hal ini seiring dengan semakin beratnya beban yang harus ditanggung pemerintah dalam memberikan subsidi listrik yang justru dinikmati oleh yang tak berhak mendapatkannya. Beberapa skenario dari kenaikan TDL sebesar 10 persen yang telah disetujui, saat ini pun tengah dibahas pemerintah bersama dengan PLN dan DPR RI.

"Yang jelas, antara DPR dan pemerintah, telah menetapkan subsidi listrik Rp 55,1 triliun. Maka melihat kondisi ini, kenaikan TDL tidak akan terhindarkan. Saat ini sedang dibahas enam skenario, tapi saya tidak masuk (ke) detail. Nanti akan ada penjelasan pada level ESDM. Intinya, tetap menjaga APBN dan subsidi tidak membengkak karena pengaruh fiskal, (karena) defisit kita tetap 21 persen (di APBN-P 2010)," jelas Hatta tanpa menjabarkan enam skenario tersebut.

Apapun nantinya skenario kenaikan TDL yang dihasilkan, kata Hatta, tetap harus mempertimbangkan banyak hal. Baik itu pertimbangan bagi masyarakat, maupun kalangan dunia usaha, termasuk juga pertimbangan bagi PLN dan juga pemerintah yang menanggung subsidi. "Intinya, skenario itu nantinya harus bisa dikembangkan dengan sebaik mungkin, untuk menjaga APBN dan subsidi tidak membengkak namun tidak tepat sasaran. Harus dianalisis, mana saja yang perlu dinaikkan atau tidak naik. Skenario ini masih sedang dibahas dan masih belum final," kata Hatta.

Hatta pun menegaskan bahwa untuk pembahasan mengenai skenario TDL, harus tetap berlandaskan pada tiga hal utama. "Pertama, seoptimal mungkin mampu menghilangkan beban pada masyarakat yang tidak mampu dan menghindari pemberian subsidi pada kelompok mampu. Kedua, diperlukan peningkatan daya tahan listrik, agar PLN tetap memiliki kemampuan membangun pembangkit baru. Dan ketiga, masyarakat juga kita dorong untuk terus melakukan penghematan," katanya.

JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Hatta Radjasa mengatakan bahwa kenaikan Tarif Dasar Listrik (TDL) pada pertengahan tahun

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News