SMRC: Ganjar Ungguli Prabowo dalam Head to Head Jika Tingkat Pengenalan Berimbang

SMRC: Ganjar Ungguli Prabowo dalam Head to Head Jika Tingkat Pengenalan Berimbang
Ilustrasi - Bakal Calon Presiden (Bacapres) Ganjar Pranowo. Foto: Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Lembaga Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil survei terbaru terkait elektabilitas bakal calon presiden menjelang Pilpres 2024.

Dalam survei itu, SMRC melakukan simulasi head to head antara Prabowo Subianto dengan Ganjar Pranowo.

SMRC mendapati apabila tingkat pengenalan kedua bacapres itu seimbang, maka sosok Ganjar Pranowo yang akan unggul dari Prabowo.

"Pada kelompok pemilih yang tahu keduanya, Ganjar mendapatkan 46,3 persen, lebih kompetitif melawan Prabowo 42,5 persen. Sementara yang tidak tahu/tidak menjawab 11,2 persen," kata pendiri SMRC, Saiful Mujani, saat merilisnya hasil surveinya dalam kanal YouTube SMRC TV, Rabu (23/8).

Menurut Saiful, dalam simulasi apabila tingkat keterkenalan ketiga bakal calon berimbang, Ganjar tetap unggul atas Prabowo dan Anies Baswedan.

"Pada kelompok pemilih yang tahu ketiganya, Ganjar 38,8 persen, unggul signifikan dari Prabowo 31,6 persen dan Anies 21,7 persen. Tidak tahu/tidak menjawab 7,9 persen," ujarnya.

Saiful menyatakan dalam temuan surveinya, pengetahuan terhadap Ganjar meningkatkan elektabilitasnya secara signifkan terhadap Prabowo.

Survei SMRC ini menggunakan metode wawancara tatap muka (face to face interview) oleh pewawancara yang terlatih pada 31 Juli – 11 Agustus 2023.

Lembaga SMRC merilis hasil survei tingkat elektabilitas bakal capres terbaru. Hasilnya, elektabilitas Ganjar Pranowo mampu unggul dari Prabowo Subianto.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News