SNMPTN 2022: Lulusan Pesantren Bisa Masuk Fakultas Kedokteran & Teknik? Ini Penjelasan LTMPT

SNMPTN 2022: Lulusan Pesantren Bisa Masuk Fakultas Kedokteran & Teknik? Ini Penjelasan LTMPT
Ketua Pelaksana Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) 2022 Prof Budi Prasetyo Widyobroto meresmikan pembukaan penerimaan mahasiswa baru PTN 2022 mulai hari ini, Selasa, 4 Januari 2022. Foto: Mesya/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Penerimaan mahasiswa baru jalur SNMPTN 2022 resmi dibuka, 4 Januari. Jalur ini terbuka untuk siswa SMA, SMK, dan MAN.

Namun, ada banyak pertanyaan dari lulusan pondok pesantren. Apakah mereka bisa ikut penerimaan mahasiswa baru baik jalur seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) ataupun seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN).

Kemudian, apakah bisa memilih fakultas dan jurusan IPA, misalnya Fakultas Kedokteran, Fakultas Teknik.

Menanggapi pertanyaan tersebut, Ketua Pelaksana Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) 2022 Prof Budi Prasetyo Widyobroto mengungkapkan, bisa tidak lulusan pesantren memilih jurusan IPA tergantung dari kebijakan rektor PTN. Apakah bisa menerima lulusan pesantren.

"Rektor yang paling menentukan syaratnya apa saja. Apakah lulusan pondok pesantren bisa memilih Fakultas Kedokteran dan teknik," kata Prof Budi dalam konferensi pers pembukaan penerimaan mahasiswa baru PTN 2022, Selasa (4/1).

LTMPT, lanjutnya, hanya memfasilitasi siswa yang ingin masuk PTN lewat jalur SNMPTN dan SBMPTN. Begitu juga kuota mahasiswa yang diterima, diserahkan ke masing-masing PTN.

Senada itu Ketua LTMPT 2022 Mochamad Ashari menegaskan, sejatinya tidak ada perbedaan untuk siswa baik lulusan SMA, SMK, MAN, pesantren. Semuanya bisa ikut seleksi. Namun ada tidaknya jurusan, kemudian persyaratan menjadi hak prerogatif pimpinan PTN.

Lebih lanjut dikatakan, SNMPTN 2022 diawali dengan registrasi akun LTMPT bagi sekolah dan siswa melalui laman portal LTMPT. 

LTMP memberikan penjelasan apakah lulusan pesantren bisa masuk fakultas kedokteran maupun teknik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News