Soal Evakuasi WNI, Pemerintah Masih Menunggu Arahan dari Tiongkok

Soal Evakuasi WNI, Pemerintah Masih Menunggu Arahan dari Tiongkok
Para calon penumpang kereta cepat dan petugas di Stasiun Beijingnan, Rabu (22/1), mengenakan masker untuk menghindari wabah virus corona jenis baru di Wuhan, China. Foto: Antara/M. Irfan Ilmie)

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah tidak bisa seenaknya mengevakuasi WNI dari wilayah-wilayah terdampak virus corona di Tiongok. Pemerintah Tiongkok ikut menentukan apakah WNI bisa dievakuasi atau tidak.

Pelaksana Tugas Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI Teuku Faizasyah mengatakan, penanganan warga negara-negara asing di Tiongkok, termasuk dari Indonesia, bergantung pada pertimbangan Beijing. Karena itu, pemerintah terus melakukan komunikasi.

“Mengenai kondisi yang menuntut evakuasi, itu yang pasti kita melalui komunikasi dengan pemerintah Tiongkok, sejauh mana terbuka ruang untuk kita evakuasi saat sekarang, di mana isolasi masih dilakukan,” kata Teuku Faizasyah dalam gelaran press briefing Kementerian Luar Negeri di Jakarta, Senin (27/1).

Dia pun mengatakan sembari menjalin komunikasi terus-menerus dengan Tiongkok, yang dapat dilakukan pemerintah adalah memaksimalkan perisapan teknis. Sehingga ketika kesempatan evakuasi terbuka dan kondisi di lapangan sudah siap, maka pemerintah tinggal mengeksekusinya.

“Evakuasi dalam berbagai versi ya, dipindahkan ke area yang tidak terpapar atau kembali ke Indonesia, ada berbagai versi. Tetapi semua berpulang pada konfirmasi dari Tiongkok bahwa evakuasi bisa dilakukan,” katanya.

Saat ini, menurut dia, pemerintah melakukan antisipasi. Salah satu persiapan teknis yang dilakukan adalah mengumpulkan daftar nama WNI di area karantina yang sekarang ini sudah dimiliki.

“Nanti pada waktunya kita sampaikan protapnya, semua akan dapat pengarahan dari Tiongkok, karena kita tidak bisa bekerja sendiri. Komunikasi terus menerus karena kondisi lapangan menentukan,” jelasnya.

Komunikasi intensif dengan Tiongkok terus dijalankan dan ada pula negosiasi terkait mekanisme yang akan dijalankan. “Harus ada kesepahaman terlebih dahulu,” ujarnya.

Pemerintah tidak bisa seenaknya mengevakuasi WNI dari wilayah-wilayah terdampak virus corona di Tiongok. Pemerintah Tiongkok ikut menentukan apakah WNI bisa dievakuasi atau tidak.

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News