Soal Gaji PNS, Menteri Syafruddin: Harga – harga Naik

Soal Gaji PNS, Menteri Syafruddin: Harga – harga Naik
Syafruddin. Foto: Verryana Novita/JawaPos.com

jpnn.com, JAKARTA - Gaji PNS (pegawai negeri sipil) akan mengalami kenaikan pada 2019. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Syafruddin mengatakan, saat ini pembahasan mengenai anggaran gaji PNS masih berlangsung di Kemenkeu.

“Insya Allah, didoakan, mudah-mudahan (terealisasi). Sedang pembahasan di Kemenkeu,” ujar Menteri PANRB Syafruddin saat ditemui di kantornya, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Jumat (21/12).

Syafruddin menegaskan pihaknya sudah pasti mendukung kenaikan gaji tersebut. “Yang menentukan nanti bagaimana kesediaan anggaran di Kemenkeu, kalau kita mengharapkan itu (kenaikan), semua ASN mengharapkan juga,” tandasnya.

Menurut mantan Wakapolri itu, gaji PNS sudah seharusnya naik, mengingat kebutuhan biaya hidup yang juga semakin tinggi saat ini. Selain itu, pemerintah belum menaikkan gaji para abdi negara tersebut dalam waktu yang cukup lama.

Jika kenaikan gaji bisa diwujudkan, Syafruddin berharap kinerja para PNS bisa lebih baik dan meningkat. Tentunya dalam hal pelayanan bagi masyarakat Indonesia.

“Karena sudah sekian puluh tahun, perkembangan fiskal yang begitu naik, tunjangan ASN 20 tahun tidak pernah naik, harga-harga naik sekarang. Kehidupan semakin menurun. Oleh karena itu disesuaikan. (Harapannya) lebih baik kinerjanya,” tutur dia.

Sebelumnya diberitakan, dalam Rancangan Anggaran Pengeluaran dan Belanja Negara (RAPBN) 2019 telah diputuskan bahwa gaji pokok Aparatur Sipil Negara (ASN) atau PNS naik sebesar 5 persen.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjelaskan, kenaikan tersebut didasari oleh penyesuaian angka inflasi. Menurutnya, inflasi saat ini dan juga sudah tidak relevan dengan gaji PNS saat ini.

MenPAN RB Syafruddin berharap agar rencana kenaikan gaji PNS mulai 2019 mendatang bisa terealisasi karena harga – harga naik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News