Soal Hepatitis Akut Misterius, Bu Siti Sampaikan Hal Ini, Bikin Tenang!

Soal Hepatitis Akut Misterius, Bu Siti Sampaikan Hal Ini, Bikin Tenang!
Bu Siti Nadia Tarmizi bicara soal hepatitis akut misterius. Ilustrasi Foto: tangkapan layar dalam video Kemenkes.

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat - Kemenkes Siti Nadia Tarmizi mengatakan kemungkinan penyakit hepatitis akut menjadi pandemi relatif kecil.

"Kalau kami lihat perkembangan kasus, kecepatan penambahan kasus, ini hepatitis akut misterius kalau berkembang seperti situasi pandemi rasanya kecil sekali," ujar dia di Jakarta, Kamis (19/5).

Menurut Siti Nadia, situasi hepatitis akut yang terjadi di dunia saat ini tidak mengancam begitu banyak yang menyebabkan aktivitas masyarakat terganggu.

"Namun, tetap perlu kita waspadai karena WHO menyatakan sebagai penyakit yang berpotensi mencapai kejadian yang luar biasa," tutur dia.

Dalam epidemiologi, dia mengemukakan tahapan-tahapan penyakit dimulai dari peningkatan kasus, kejadian luar biasa, wabah, endemi, dan pandemi.

"Kalau COVID-19 kan sampainya pandemi. Kalau ini (hepatitis akut) WHO cuma mengatakan hati-hati nanti bisa terjadi kejadian luar biasa," ujar dia.

Menurut para ahli, lanjut Nadia, gejala hepatitis akut mirip dengan gejala hepatitis A yang penularannya melalui makanan.

Namun, belum ada fakta ilmiah mengenai identifikasi virus dan pengobatan penyakit hepatitis misterius.

Sekretaris Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat - Kemenkes Siti Nadia Tarmizi mengatakan kemungkinan penyakit hepatitis akut menjadi pandemi, simak nih

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News