Soal Pernyataan Pangkostrad Dudung, GAMKI: TNI Melindungi Seluruh Anak Bangsa Tanpa Membedakan Agama

Soal Pernyataan Pangkostrad Dudung, GAMKI: TNI Melindungi Seluruh Anak Bangsa Tanpa Membedakan Agama
Dudung Abdurachman. Foto/dok: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) menilai pernyataan Pangkostrad Letjen Dudung Abdurachman di hadapan para prajurit TNI di Bandung, Jawa Barat, harus dilihat secara holistik dan ditempatkan dalam konteks yang tepat.

GAMKI menyatakan konteks pernyataan Letjen Dudung Abdurachman dalam kunjungan ke Batalyon Zipur 9 Kostrad, Ujungberung, Jawa Barat, merupakan arahan dan nasihat Pangkostrad kepada para prajurit TNI yang memiliki latar belakang agama yang beragam.

"Letjen Dudung sebagai salah satu pimpinan TNI AD, kami melihat bahwa pernyataannya merupakan bentuk pembekalan bagi para prajurit dengan arahan-arahan kebangsaan yang berlandaskan pada nilai-nilai Pancasila. TNI sebagai alat pertahanan negara harus berdiri di atas semua golongan dalam membela Tanah Air dan melindungi setiap anak bangsa seperti yang tertuang dalam Sumpah Prajurit dan Sapta Marga TNI," kata Sekretaris Umum DPP GAMKI Sahat Martin Philip Sinurat dalam keterangan tertulisnya, Selasa (21/9).

Menurut Sahat, fanatisme agama yang berlebihan dapat menyebabkan perpecahan antarumat beragama, yang kemudian dapat berlanjut pada konflik horizontal yang bisa saja mengakibatkan terjadinya disintegrasi bangsa.

"Sehingga dalam konteks kehidupan berbangsa dan bernegara, TNI harus melindungi seluruh anak bangsa tanpa membeda-bedakan agama, suku, dan golongan," lanjutnya.

Menyikapi adanya polemik dan kontroversi yang ditimbulkan dari pernyataan Letjen TNI Dudung Abdurachman, GAMKI mengharapkan semua pihak untuk dapat melihat konteks dan tujuan sebenarnya dari pernyataan mantan Pangdam Jaya tersebut.

"Letjen Dudung tidak sedang membanding-bandingkan agama, karena dalam konteks kehidupan berbangsa dan bernegara, kebenaran ajaran dan dogma semua agama tidak perlu diperdebatkan. Namun bagaimana mengimplementasikan nilai-nilai agama untuk membangun negara dan bangsa Indonesia, ini yang harus menjadi fokus utama kita," katanya.

Sahat mengajak semua elemen masyarakat untuk bersatu dan bergotong-royong dengan berlandaskan pada nilai-nilai Pancasila, khususnya dalam menangani pandemi Covid-19.

GAMKI menilai pernyataan Pangkostrad Letjen Dudung Abdurachman soal agama harus dilihat secara holistik dan ditempatkan dalam konteks yang tepat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News