Soal Skandal Uji Keselamatan Daihatsu, Mendag Zulhas Berkomentar Begini

Soal Skandal Uji Keselamatan Daihatsu, Mendag Zulhas Berkomentar Begini
Logo Astra Daihatsu Motor (ADM). ilustrasi. Foto: dok Daihatsu

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan merespons soal skandal Daihatsu yang memanipulasi data uji coba keselamatan kendaraanya.

Dia mengatakan mobil yang diproduksi Daihatsu di Indonesia telah mengikuti ketentuan pemerintah.

Menurut pria yang akrab disapa Zulhas, produk yang terlibat dalam skandal uji keselamatan itu tidak masuk ke pasar Indonesia.

“Tidak masuk ke Indonesia jadi aman,” kata Mendag Zulhas di Jakarta beberapa waktu lalu.

Sementara itu, Dirjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga, Moga Simatupang mengatakan pihaknya sudah melakukan klarifikasi dengan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengenai skandal tersebut yang menimpa Daihatsu Jepang.

"Sudah kami klarifikasi Astra Daihatsu Motor Indonesia. Disitu disampaikan untuk tipe Rokie Hybrid dan Toyota Raize tidak diproduksi di Indonesia," ungkap Moga.

Dia memastikan produk Daihatsu yang dijual di Indonesia sudah memenuhi Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) No.33/2018 tentang Pengujian Tipe Kendaraan Bermotor.

Selain itu, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memastikan produksi dan distribusi kendaraan di Indonesia tetap berjalan normal.

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan (Zulhas) mengomentari soal skandal Daihatsu yang memanipulasi data uji coba keselamatan kendaraanya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News