Soal Tanggap Darurat Gempa Cianjur, Puan: Penanganan Korban Jadi Prioritas

Soal Tanggap Darurat Gempa Cianjur, Puan: Penanganan Korban Jadi Prioritas
Ketua DPR RI Puan Maharani. Foto: Humas DPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPR RI Puan Maharani meminta Pemerintah agar proses tanggap darurat gempa Cianjur dilakukan sebaik mungkin.

Dia mengingatkan agar korban-korban gempa mendapat prioritas penanganan.

“Tanggap darurat harus dilakukan secara maksimal. Penanganan korban harus menjadi prioritas, baik evakuasi jenazah korban maupun perawatan terhadap korban-korban luka akibat gempa,” kata Puan, Selasa (22/11/2022).

Gempa berkekuatan 5,6 M yang terjadi siang Senin (21/11) siang di Cianjur, Jawa Barat, telah memakan korban jiwa lebih dari 200 orang. Sebanyak 700-an orang pun mengalami luka, dan 31 lainnya dilaporkan hilang.

Hingga saat ini Tim SAR gabungan masih terus berusaha mengevakuasi korban gempa.

Petugas lapangan mengalami kesulitan untuk menemukan lebih banyak jenazah akibat puing-puing rumah dan bangunan yang roboh.

Puan berharap evakuasi korban yang tertimbun reruntuhan bangunan bisa dipercepat.

“Gotong royong dari wilayah lain seperti dari daerah Jawa Tengah dan DKI Jakarta dapat membantu mempercepat proses penanganan korban gempa, termasuk potensi SAR untuk evakuasi korban dan dari kelompok relawan,” ucap perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI itu.

Ketua DPR RI Puan Maharani meminta Pemerintah agar proses tanggap darurat gempa Cianjur dilakukan sebaik mungkin dan korban harus mendapat penanganan prioritas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News