Soal Terminal, Duet Bogor Masih Adu Gengsi

Soal Terminal, Duet Bogor Masih Adu Gengsi
Soal Terminal, Duet Bogor Masih Adu Gengsi

jpnn.com - BOGOR- Pembangunan dua terminal di batas kota yakni Terminal Bubulak dan Laladon sudah 12 tahun berlalu. Namun, nuansa persaingan antara pemkot dan pemkab terkait terminal masih terasa hingga saat ini.

Angin segar soal persaingan Kota dan Kabupaten Bogor soal terminal batas kota di Kecamatan Bogor Barat mulai ada titik terang. Itu setelah Walikota Bogor Bima Arya bertemu dengan Wakil Bupati Bogor Nurhayanti beberapa waktu lalu. Pertemuan itu, menindaklanjuti kerja sama Bogor Summit, di mana salah satunya terkait pembangunan terminal batas kota.

Ia menyebut ada lima hal atau program yang membutuhkan koordinasi. Di antaranya mengatasi kemacetan, penataan pedagang kaki lima, penataan pengelolaan sampah, serta pembenahan tata ruang dan reformasi birokrasi.

Nah, perihal terminal Laladon dan Bubulak, Bima mengatakan bahwa Pemkab Bogor sepakat akan menghapus Terminal Laladon. Artinya, di Kecamatan Bogor Barat itu hanya ada satu terminal. “Salah satu hasil dalam pertemuan itu ada kesepakatan penghapusan Terminal Laladon,” kata Bima saat dialog dengan awak redaksi Radar Bogor (Grup JPNN), beberapa waktu lalu.

Setali tiga uang, Wakil Bupati Bogor Nurhayanti pun mengiyakan wacana tersebut. Ia mengatakan, untuk mencapai visi Kabupaten Bogor yakni menjadi kabupaten termaju se-Indonesia, pihaknya membutuhkan kepentingan besar dengan Kota Bogor. Terutama terkait permasalahan di batas wilayah, dan salah satu kesepakatannya adalah bersama membangun terminal batas kota.

"Tanpa ada koordinasi dengan pemkot, kita akan kesulitan. Karena, bila di Bogor macet, imbasnya pun bisa ke kabupaten, demikian sebaliknya. Makanya, untuk mencapai visi menuju kabupaten termaju se-Indonesia membutuhkan kerja sama dan sinergi dengan daerah sekitar, khususnya Kota Bogor,” bebernya.

Selain itu, ia juga akan terus bekerja sama dengan Kota Bogor di berbagai bidang. “Terkait masalah pendidikan, social, pariwisata dan ekonomi, kami juga butuh kerja sama dengan Kota Bogor,” katanya.

Namun, upaya kerja sama kedua daerah terutama masalah penghapusan Terminal Laladon, tampaknya tak akan berjalan mulus. Pasalnya, kalangan legislatif mengisyaratkan penolakan.

BOGOR- Pembangunan dua terminal di batas kota yakni Terminal Bubulak dan Laladon sudah 12 tahun berlalu. Namun, nuansa persaingan antara pemkot dan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News