Solarpreneur Development Center Resmi Diluncurkan

Solarpreneur Development Center Resmi Diluncurkan
Utomo SolaRUV menggandeng Universitas Surabaya (UBAYA) membuat gebrakan ekonomi melalui pelatihan pemasangan PLTS Atap bersertifikasi, bagi para pemuda dan masyarakat. Foto dok Utomo SolaRUV

jpnn.com, JAKARTA - Utomo SolaRUV menggandeng Universitas Surabaya (UBAYA) membuat gebrakan ekonomi melalui pelatihan pemasangan PLTS Atap bersertifikasi, bagi para pemuda dan masyarakat.

Hal ini dilakukan untuk melahirkan solarpreneur-solarpreneur andal karena di masa depan, sektor industri energi baru terbarukan melalui PLTS atap sangatlah menjanjikan.

“Di Indonesia, 2018 konsumen PLTS Atap hanya 609 pelanggan. Tahun 2021, ternyata meningkat menjadi 4133 pelanggan. Potensi pasar yang begitu besar, sehingga perlu kami siapkan tenaga-tenaga ahli dalam negeri agar dapat memenuhi permintaan pasar yang tinggi tersebut," ujar Ketua Asosiasi Energi Surya Indonesia (AESI) Fabby Tumiwayang dalam peresmian Solarpreneur Development Center di kampus UBAYA.

Fabby menambahkan kehadiran Solarpreneur Development Center akan sangat membuka peluang tenaga-tenaga ahli PLTS Atap bersertifikasi untuk terjun ke dunia wirausaha berbasis energi terbarukan.

“Sinergi dengan entitas bisnis akan sangat mempercepat tujuan tersebut. Misalnya, Utomo SolaRUV menyediakan produk-produk inverter dari produsen inverter global. Lalu masyarakat dilatih bagaimana cara memasang PLTS Atap yang benar, harapannya mereka bisa membangun bisnis energi bersih. Barang bagusnya ada, jasa berkualitasnya juga ada," imbuh Fabby.

Hal ini juga dibenarkan oleh Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC., Ph.D, selaku Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kemendikbudristek, yang hadir melalui sambungan zoom.

“Kemandirian energi butuh aksi gotong royong dari pelaku industri dan perguruan tinggi. Program mewujudkan kampus energi bersih bisa sangat diterapkan di 4000 kampus se-Indonesia sehingga kesadaran masyarakat tentang energi terbarukan bisa dipimpin kalangan civitas akademika," tegasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Anthony Utomo, Managing Director Utomo SolaRUV yang juga Wakil Ketua Komite Tetap Kebijakan Dan Regulasi Bidang ESDM KADIN Pusat, mengatakan kehadiran Solarpreneur Development Center juga untuk memperkuat ekosistem PLTS Atap.

Utomo SolaRUV bekerjasama dengan Universitas Surabaya (UBAYA) membuat gebrakan ekonomi melalui pelatihan pemasangan PLTS Atap bersertifikasi, bagi para pemuda dan masyarakat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News