Solidaritas Awam Katolik Soroti Konflik Bersenjata di Intan Jaya Papua

Solidaritas Awam Katolik Soroti Konflik Bersenjata di Intan Jaya Papua
Solidaritas Awam Katolik Peduli Kemanusiaan di Tanah Papua terdiri dari Jhon Gobay (baju biru), Yairus Ambon (tengah), Pemuda Kalolik Komda Papua, Bidang Hukum dan HAM) Ketua PMKRI Cabang Santo Efrem Kota Jayapura. Foto: Solidaritas Awam Katolik

jpnn.com, JAYAPURA - Solidaritas Awam Katolik Peduli Kemanusiaan di Tanah Papua yang berhimpun dalam Kerawam Keuskupan Jayapura dan Organisasi Katolik di Papua menyikapi konflik bersenjata antara TPN-PB dan TNI-Polri di kampung Yokatapa, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua.

Solidaritas awam Katolik Peduli Kemanusiaan itu di antaranya Pemuda Katolik, Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Komda Papua dan PMKRI Cabang Santo Efrem Jayapura, Ikatan Cendikiawan Awam Katolik Papua (ICAKAP).

Konflik tersebut menyebabkan dua bocah tertembak. Nopelius Sondegau (dua tahun) meninggal dunia dan Yoakim Majau (lima tahun) masih dalam perawatan di rumah sakit Timika.

Solidaritas Awam Katolik Peduli Kemanusiaan di Tanah Papua melalui siaran pers pada Selasa (2/11), mendesak menyampaikan seruan kepada:

Pertama, Konfrensi Wali Gereja (KWI)  untuk menyuarakan permasalahan kekerasan terhadap warga sipil yang terjadi di Intan Jaya.

Kedua, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo untuk segera menarik pasukan militer non-organik yang bertugas di Intan Jaya dan di seluruh wilayah Tanah Papua.  Sebab dengan kehadiran mereka  telah menimbulkan kekerasan dan pembunuhan terhadap rakyat sipil. Non-organik segera

Ketiga, Pelaku penembakan terhadap kedua anak segera diproses secara hukum.

Keempat, Komisi Nasional Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) segera lakukan pengawasan terhadap pelaksanaan perlindungan dan pemenuhan hak anak dalam situasi konflik bersenjata di Papua.

Solidaritas Awam Katolik Peduli Kemanusiaan di Tanah Papua yang berhimpun dalam Kerawam Keuskupan Jayapura dan Organisasi Katolik di Papua menyikapi konflik bersenjata antara TPN-PB dan TNI-Polri di kampung Yokatapa, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News