Sony Kartiko Jemput Naskah Asli Teks Proklamasi

Sony Kartiko Jemput Naskah Asli Teks Proklamasi
Sekretariat Presiden menjemput naskah asli Teks Proklamasi yang ditulis langsung Presiden Pertama RI Soekarno di Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Jakarta Selatan, Senin (16/8). Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

jpnn.com, JAKARTA - Sekretariat Presiden mendatangi Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Jakarta Selatan, Senin (16/8).

Kedua pihak melakukan serah terima naskah asli Teks Proklamasi yang ditulis langsung Presiden Pertama RI Soekarno.

Dokumen bersejarah tersebut nantinya akan ditampilkan di mimbar kehormatan saat upacara berlangsung di halaman Istana Merdeka, Selasa (17/8) besok.

"Hari ini, secara bersama-sama kamu saksikan arsip negara, yaitu naskah Teks Proklamasi tulisan tangan Bung Karno yang merupakan bukti sejarah yang sangat bernilai tinggi, sangat berharga untuk semua bangsa Indonesia," kata Kepala Biro Administrasi Sekretariat Presiden, Sony Kartiko di Gedung ANRI, Jakarta Selatan.

Proses serah terima dilakukan oleh Direktur Preservasi ANRI Kandar kepada Sony Kartiko.

Turut menyaksikan Kepala ANRI Imam Gunarto, Plt Deputi Konservasi Arsip ANRI Multi Siswati, Kepala Biro Perencanaan dan Humas ANRI Widarno, dan Kepala Biro Umum Sekretariat Presiden Erry Hermawan.

"Telah kami terima dari ANRI yang selanjutnya akan kami bawa ke Istana Merdeka dan rencananya besok pada 17 Agustus 2021. Dokumen tersebut akan dihadirkan dan disandingkan dengan bendera pusaka pada Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang berada di mimbar kehormatan,” ujarnya.

Setelah dilakukannya proses serah terima naskah asli Teks Proklamasi, arsip tersebut selanjutnya akan dibawa menuju Istana Merdeka.

Proses serah terima Teks Proklamasi dilakukan oleh Kandar kepada Sony Kartiko. Selanjutnya dibawa ke Istana Merdeka.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News