Sorban Dilepas, Dahlan Iskan Menitikkan Air Mata

Sorban Dilepas, Dahlan Iskan Menitikkan Air Mata
Syech Maulana Hisyam melepas sorbannya, lalu memasangkan ke kepala Dahlan Iskan. Foto: Jok/JPNN

jpnn.com - TIDAK seperti biasanya. Kehadiran Menteri BUMN Dahlan Iskan dalam pengajian pengamal tasyawuf di Tomang, Jakarta Barat, Minggu (23/2) justru membuat ratusan orang yang hadir menitikkan air mata.

Mereka tak kuasa menahan haru, ketika Syech Maulana Muhammad Hisyam Kabbani, melepas sorban yang dikenakan, lalu mengenakannya ke kepala Dahlan.

Rumah Sunarto di kawasan Jalan Mandala, Tomang, Jakarta Barat, Minggu (23/2) tampak ramai. Sebuah tenda putih terpasang di pintu gerbang rumah yang berukuran besar di lingkungan padat penduduk itu.

Ada tiga orang istimewa yang hadir di rumah Sunarto hari itu. Mereka adalah Dahlan Iskan, Habib Syech, dan Maulana Muhammad Hisyam Kabbani. Ketiganya adalah tokoh yang sudah tidak asing lagi di dunia tasawuf Indonesia.

Dahlan Iskan yang juga Menteri BUMN merupakan tasawuf Syatariyah. Sebuah aliran tasawuf yang pertama kali muncul di India pada abad ke-15, dikembangkan oleh Abdullah asy-Syattar. Dahlan saat ini dinobatkan sebagai inspirator dan ketua Syecher Mania Indonesia oleh jamaah berbagai aliran tasawuf modern.

Habib Syech bin Abdulkadir Assegaf adalah salah satu putra Al-Habib Abdulkadir bin Abdurrahman Assegaf, imam Masjid Jami' Assegaf di Pasar Kliwon, Solo. Habib Syech melakukan syiar cinta rasul dari kota Solodengan ratusan ribuan jamaah yang tergabung dalam Ahbabul Musthofa.

Syekh Muhammad Hisham Kabbani q.s. adalah seorang ulama dan syekh sufi yang berasal dari Lebanon. Hisham lulus dari American University di Beirut dalam bidang kimia. Dari sana beliau melanjutkan studi kedokteran di University of Louvain, Belgia. Beliau juga meraih gelar di bidang Hukum Islam dari Universitas al-Azhar.

Pada tahun 1991 Hisham pindah ke Amerika Serikat dan mendirikan yayasan bagi Tarekat Naqsybandi di sana. Sejak saat itu, Hisham telah membuka 13 pusat sufi di Kanada dan Amerika Serikat.

TIDAK seperti biasanya. Kehadiran Menteri BUMN Dahlan Iskan dalam pengajian pengamal tasyawuf di Tomang, Jakarta Barat, Minggu (23/2) justru membuat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News