Soroti 5 Provinsi Ini, Satgas Covid-19 Minta Pemda Lebih Cermat

Soroti 5 Provinsi Ini, Satgas Covid-19 Minta Pemda Lebih Cermat
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito. Foto: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Satgas Penanganan Covid-19 menyoroti lima provinsi yang memiliki tingkat kasus Corona yang tinggi.

Meski secara nasional terjadi tren penurunan kasus nasional yang cukup baik dalam empat minggu terakhir, tetapi beberapa provinsi yang masih mengalami kenaikan kasus.

Dari hasil pengamatan Satgas Penanganan Covid-19 dalam enam minggu terakhir, ada lima provinsi yang lebih dari satu kali sebagai penyumbang kasus tertinggi kenaikan kasus di tingkat nasional.

"Kelimanya, Jawa Tengah, Bali, Sumatera Utara, Nusa Tenggara Timur, dan Kalimantan Selatan," kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito melalui kanal BNPB Indonesia di YouTube, Selasa (17/8).

Perkembangan minggu ini (9 - 15 Agustus), kenaikan kasus tertinggi disumbangkan Jawa Tengah dengan kenaikan sebesar 5.143 kasus, diikuti Bali sebanyak 1.904 kasus.

"Padahal, keduanya sempat keluar dari lima besar kasus tertinggi selama dua minggu terakhir," imbuh Wiku.

Peringkat ketiga ada Papua Barat dengan penambahan 667 kasus, Kalimantan Tengah bertambah 553 kasus, dan Sulawesi Barat bertambah 295 kasus.

Dari perkembangan mingguan ini, maka diperlukan kecermatan dari Pemda dengan tidak hanya fokus pada kasus tinggi di daerah.

Satgas Penanganan Covid-19 menyoroti lima provinsi yang memiliki tingkat kasus Corona yang tinggi. Di sisi lain, Satgas melihat terjadi penurunan kasus secara nasional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News