Sosialisasi Empat Pilar MPR Lewat Pagelaran Wayang Orang

Sosialisasi Empat Pilar MPR Lewat Pagelaran Wayang Orang
Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid saat Sosialisasi Empat Pilar MPR RI lewat pagelaran wayang orang di Klaten, Jawa Tengah, Sabtu (5/8) malam. Foto: Humas MPR

jpnn.com, KLATEN - Langkah strategis telah dilakukan MPR RI adalah dengan mensosialisasikan nilai-nilai luhur Pancasila kepada seluruh masyarakat dengan berbagai metode yang tepat sesuai dengan sasaran dengan telah ditentukan, seperti pagelaran seni budaya asli bangsa Indonesia.

Karena Sosialisasi Empat Pilar MPR RI (Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika) merupakan kegiatan MPR untuk melaksanakan perintah UU yaitu UU Nomor 17 tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD yang menugaskan Pimpinan MPR untuk mensosialisasikan Pancasila, UUD NRI tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Salah satu metode sosialisasi yang dilaksanakan MPR melalui pagelaran seni budaya yang merupakan media yang tepat dan efektif untuk mendapatkan masukan dari masyarakat. “Kegiatan pagelaran yang dilaksanakan di Kebondalem Kidul, Prambanan, Klaten ini adalah yang pertama kali diadakan oleh MPR melalui seni budaya wayang orang,” ujar Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid.

Dengan pagelaran seni budaya ini, menurut Hidayat Nur Wahid, MPR telah melakukan dua hal yaitu mengadakan pagelaran seni budaya menjadi bagian dari sosialisasi Empat Pilar MPR RI dan mendukung pelestarian seni budaya di seluruh Tanah Air, maka MPR ikut melestarikan dan menjaga kebudayaan luhur agar para generasi muda Indonesia lebih mencintai budayanya sendiri.

Pernyataan itu disampaikan Hidayat Nur Wahid saat menyampaikan Sosialisasi Empat Pilar pada acara Pagelaran seni budaya Wayang Orang dengan lakon “Arjuna Kembar” yang diselenggarakan oleh MPR bekerja sama dengan Panitia Festival Sojiwan di Kebondalem Kidul, Prambanan Klaten, Jawa Tengah, Sabtu malam (5/8/2017).

Selain Hidayat Nur Wahid, pagelaran wayang ini juga dihadiri oleh anggota MPR di antaranya Sukamta (Fraksi PKS), H. Cholid Mahmud (Kelompok DPD di MPR RI), Siti Fauziah (Kepala Biro Humas Setjen MPR RI), Muhammad Rizal (Kepala Biro Pimpinan MPR RI), Kepala RRI Surakarta, Suyono, Forkompinda Kabupaten Klaten, Prof. Dr. Timbul Haryono (Tokoh Masyarakat Prambanan) dan disaksikan oleh ratusan masyarakat yang datang dari berbagai pelosok sekitar Kabupaten Klaten. Warga tampak sangat antusias menyaksikan pertunjukan Wayang ini.

Kepala Biro Humas Setjen MPR RI Siti Fauziah saat menyampaikan sambutannya mengatakan pagelaran wayang orang ini adalah merupakan salah satu metode Sosialisasi Empat Pilar MPR RI. Dan di daerah lain juga diselenggarakan yang disesuaikan dengan budaya masyarakat setempat.

Disampaikan juga bahwa pagelaran wayang ini bukan hanya sekadar tontonan namun harus diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari serta mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya acara ini termasuk kepada awak media.

Langkah strategis telah dilakukan MPR RI adalah dengan mensosialisasikan nilai-nilai luhur Pancasila kepada seluruh masyarakat dengan berbagai metode

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News