Sri Mulyani Kasih Bocoran soal Perilaku Konsumen, Bagus Banget, nih!

Sri Mulyani Kasih Bocoran soal Perilaku Konsumen, Bagus Banget, nih!
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyampaikan perilaku konsumen saat ini. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyampaikan perilaku konsumen saat ini.

Menurutnya, konsumen makin cenderung bertransaksi melalui digitalisasi, sehingga UMKM mau tidak mau harus segera terintegrasi dengan platform digital.

"Berbagai survei menunjukkan bahwa UMKM yang telah mengadopsi digitalisasi mengalami peningkatan transaksi," kata Sri Mulyani dalam G20 GPFI High Level Symposium yang dipantau secara daring di Jakarta, Selasa (4/10).

Sri Mulyani menyebutkan setidaknya terdapat enam aspek dalam ekosistem UMKM, yakni kebijakan keuangan, pasar, sumber daya manusia (SDM), dukungan, jumlah, dan budaya.

Eks Direktur Pelaksana Bank Dunia itu menyebut dari keenam aspek tersebut digitalisasi memiliki peran potensial dan penting untuk diatur dan dimanfaatkan secara maksimal.

Sri Mulyani pun menyebut upaya pemberdayaan UMKM dapat dilakukan secara optimal dan memberikan manfaat yang maksimal, khususnya dalam aspek keuangan.

"Di sisi lain, keuangan menjadi salah satu tantangan utama dalam mengembangkan UMKM terutama akses pembiayaan," bebernya.

Kementerian Keuangan sudah melakukan beberapa upaya digitalisasi pada aspek akses pembiayaan, salah satunya melalui program UMKM Financing Empowerment (U-Fine).

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyampaikan perilaku konsumen saat ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News