Srikandi Ganjar Sulsel Ciptakan Peluang Usaha dengan Kombucha

Srikandi Ganjar Sulsel Ciptakan Peluang Usaha dengan Kombucha
Srikandi Ganjar Sulawesi Selatan berkolaborasi bersama Komunitas Berkebun Samata menggelar pelatihan membuat kombucha menggunakan wadah toples dengan mencampurkan sejumlah bahan seperti teh, starter, dan scoby. Foto dok Srikandi Ganjar

jpnn.com, GOWA - Srikandi Ganjar Sulawesi Selatan berkolaborasi bersama Komunitas Berkebun Samata untuk menggelar 'composting dan workshop membuat kombucha' di Kebun Tetangga Samata, Kelurahan Romang Lompoa, Kecamatan Bonto Marannu, Kabupaten Gowa, Selasa (21/3).

Dalam acara ini, para peserta diajak membuat kombucha menggunakan wadah toples dengan mencampurkan sejumlah bahan seperti teh, starter, dan scoby.

"Kombucha merupakan teh fermentasi yang kami olah menggunakan scoby yang difermentasikan kurang lebih 14 hari. Jadi kami mengasah keterampilan milenial," ucap Koordinator Wilayah Srikandi Ganjar Sulsel, Nurul Awainah.

Scoby (Symbiotic culture of bacteria and yeast) merupakan metabolit sekunder berbentuk bulat pipih seperti piringan, bertekstur kenyal serta berwarna keruh ini digunakan untuk membantu proses fermentasi kombucha.

Minuman teh probiotik ini memiliki rasa yang asam dan sedikit manis, menyegarkan serta bermanfaat bagi kesehatan.

Bila ingin memperkaya rasa dari kombucha, para peserta juga bisa menambahkan beberapa potongan buah segar seperti nanas, dan lain-lain.

Selain edukasi, Nurul berharap inovasi membuat produk olahan kombucha ini dapat menjadi ide segar para perempuan milenial menjadikan peluang bisnis baru, khususnya di Kabupaten Gowa.

"Ini bisa menjadi peluang usaha karena teh ini banyak sekali untuk kesehatan karena mengandung anti oksidan yang tinggi utamanya bisa diminum juga untuk penderita kanker," ungkap Nurul.

Srikandi Ganjanr mengajak para peserta membuat kombucha menggunakan wadah toples dengan mencampurkan sejumlah bahan seperti teh, starter, dan scoby.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News