SSC: Survei Oktober 90%, Angka yang Tidak Biasa

SSC: Survei Oktober 90%, Angka yang Tidak Biasa
Alat peraga kampanye (APK) berupa gambar Ketua DPP PDI Perjuangan Tri Rismaharini yang dipasang di alat peraga kampanye (APK) Eri Cahyadi-Armuji tersebar di Kota Surabaya. FOTO: ANTARA/HO-Media Center Eri-Armuji

jpnn.com, SURABAYA - Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dan Armuji (Erji) menyebar baliho kampanye Pilkada 2020 yang menonjolkan kinerja Tri Rismaharini.

Pasangan tersebut memasang tagline "Meneruskan Kebaikan".

pengamat politik sekaligus peneliti Surabaya Survey Center (SSC) Surokim Abdussalam menilai, tagline tersebut akan bisa menjadi positioning unik dalam mindset pemilih di Surabaya.

"Bisa jadi karena melihat kepuasan terhadap kinerja Bu Risma yang juga unik dan masuk kategori tinggi untuk kepala daerah. Bahkan survei Oktober menunjukkan 90 persen, sebuah angka yang tidak biasa bagi kepala daerah di era pandemi," kata Surokim Abdussalam di Surabaya, Selasa (24/11).

Ia menilai model kampanye ini cukup unik untuk memperkuat branding yang lebih variatif. Namun untuk mematik sikap harus diperkuat dengan kemandirian.

Program-program milenial menjadi penting untuk ditonjolkan guna penguatan positioning pasangan calon (paslon).

"Program kampanye meneruskan prestasi baik akan tetap bisa mematik perhatian dan cukup persuasif bagi pemilih heterogen Surabaya yang cukup fanatik terhadap Wali Kota Risma," katanya.

Selain itu, lanjut dia, Eri Cahyadi terlihat menonjolkan gaya kampanye humanis-relegius dan persuasif, sedangkan Armuji gaya Suroboyoan yang lugas dan blokosuto (terus terang).

Pasangan calon Eri Cahyadi dan Armuji menebar baliho bergambar Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News