Stadion Papua Bangkit Nyaris Rampung, Papua Siap Gelar PON 2020

Stadion Papua Bangkit Nyaris Rampung, Papua Siap Gelar PON 2020
Pembangunan Stadion Papua Bangkit. Foto diambil 18 Desember 2018. Foto: Erik/Cepos/JPNN

jpnn.com, PAPUA - Papua menyatakan siap menggelar PON 2020 setelah venue utama, Stadion Papua Bangkit, sudah hampir jadi. Progress pembangunan stadion yang dibiayai APBD itu sudah mencapai 99 persen.

''Dijadwalkan tuntas Desember tahun ini,'' kata ketua harian Pengurus Besar (PB) PON Yunus Wonda dalam rapat anggota tahunan KONI di Hotel Sultan (24/4). Sedangkan beberapa venue lain yang dibangun melalui APBN, lanjut Yunus, ditargetkan selesai pada Juni 2020.

''Banyak yang masih bertanya (soal kesiapan Papua, Red). Tapi kami bisa sampaikan, bahwa progres dan kesiapan venue rata-rata hampir 40-60 persen,'' papar Yunus. ''Kami optimistis pembangunan bisa selesai tepat waktu,'' lanjut dia. Tidak hanya venue. Tuan rumah kini juga sedang ngebut mempersiapkan akomodasi.

PON 2020 Papua dijadwalkan berlangsung pada 20 Oktober hingga 2 November 2020. Venue pertandingan dibagi dalam enam cluster. Yakni Kota Jayapura, Kab. Jayapura, Biak, Mimika, Merauke, dan Kab. Jayawijaya. Ajang empat tahunan tersebut bakal mempertandingkan 47 cabang olahraga, dengan dengan kuota 7.238 atlet.

Jumlah cabor memang lebih banyak dibandingkan PON 2016 di Jawa Barat yang mempertandingan 44 cabor. Namun jumlah kuota atlet pada PON Papua lebih sedikit. Di Jawa Barat, kuota atlet mencapai 9.229 atlet. Penurunan itu disesuaikan dengan kapasitas dan ketersediaan sarana dan prasarana yang mampu disiapkan tuan rumah.

Yunus menegaskan, jumlah cabor sudah final. Tidak akan ada penambahan lagi. ''Ini menyangkut anggaran. Kalau ada penambahan (cabor) lagi, pasti ada pembangunan fisik. Sementara untuk 2020, kami sudah fokus pada penyelenggaraan,'' ungkap pria juga yang menjabat sebagai Ketua DPRD Papua tersebut. (gil/na)


Papua menyatakan siap menggelar PON 2020 setelah venue utama, Stadion Papua Bangkit, sudah hampir jadi. Progress pembangunan stadion yang dibiayai APBD itu sudah mencapai 99 persen.


Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News