STC 2023 dan Festival Budaya Biak jadi Daya Tarik Wisatawan

STC 2023 dan Festival Budaya Biak jadi Daya Tarik Wisatawan
Pameran UMKM di Festival Budaya Biak, Sabtu (18/3). Foto: Dokumentasi Kemenkominfo.

jpnn.com - JAKARTA - Sail Teluk Cenderawasih 2023 yang akan digelar awal November tahun ini merupakan ajang untuk memperkenalkan warisan budaya dan adat Papua.

Ada ada empat kabupaten pelaksana mengisi rangkaian acara STC 2023, yakni Kabupaten Biak Numfor, Kabupaten Yapen, Kabupaten Waropen, dan Kabupaten Sarmi.

Adapun kick off acara STC 2023 telah dimulai pada 16-20 Maret 2023.

Salah satunya, Pemerintah Kabupaten Biak Numfor menggelar Festival Budaya Biak yang diisi dengan pameran UMKM dan berbagai kegiatan adat, seperti rangkaian adat pernikahan Biak, sausiber atau pemberian gelar bagi anak adat Biak, lomba makan papeda, atraksi memanggil kuskus dari hutan, dan atraksi pemanggilan ular moni-moni.

Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap mengajak seluruh masyarakat untuk menampilkan budaya dan adat agar lebih dikenal.

"Mari masyarakat semuanya, sama-sama hadir dan saksikan Festival Budaya Biak ini, agar menjadi daya tarik bagi orang di luar Biak, luar Papua, bahkan wisatawan mancanegara juga bisa datang untuk menyaksikan adat dan budaya Biak,” ujar Herry dalam keterangannya, Sabtu (18/3) malam.

Sementara itu, Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III atau Kogabwilhan III Letnan Jenderal TNI I Nyoman Cantiasa mengapresiasi kegiatan Festival Budaya Biak sebagai salah satu rangkaian event STC 2023.

Menurut dia, kegiatan ini mempunyai banyak manfaat.

Sail Teluk Cenderawasih 2023 atau STC 2023 menjadi ajang memperkenalkan warisan budaya dan adat Papua.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News