Stok Beras Masih Melimpah, Mentan SYL Panen Raya di Bangka Selatan

Stok Beras Masih Melimpah, Mentan SYL Panen Raya di Bangka Selatan
Mentan Syahrul Yasin Limpo saat panen raya padi di Bangka Selatan. Foto: Humas Kementan

jpnn.com, BANGKA SELATAN - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) bersama Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman, dan Bupati Bangka Selatan Justiar Noer, melakukan panen raya padi di Desa Rias, Kecamatan Toboali, Kabupaten Bangka Selatan, Jumat (7/8).

Selain itu, Mentan juga melakukan penyerahan kartu tani, fasilitas dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) atau permodalan dan berbagai bantuan prasarana dan sarana produksi

Panen padi di Negeri Serumpun Sebalai ini merupakan bagian dari upaya Kementerian Pertanian (Kementan) untuk terus meningkatkan pasokan pangan pada masa pandemi covid-19, dan berkontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

"Hari ini kami mau jadikan orang di Bangka Selatan, Bangka Belitung dan seluruh Indonesia mengatakan bahwa untuk memajukan negara harus menjadikan pertanian yang maju, mandiri dan modern. Panen raya padi ini membuktikan dalam tantangan apapun, pertanian selalu berproduksi. Dan Kabupaten Bangka Selatan ini pertaniannya sangat luar biasa, kita harus bersinergi agar pertanian lebih maju lagi," demikian dikatakan Mentan SYL pada panen raya padi tersebut.

Hadir anggota DPD RI, Alexander Fransiscus dan jajaran Eselon I Kementan dan para petani.

Mentan SYL menegaskan, pertanian merupakan satu-satunya sektor yang menyelamatkan perekonomian Indonesia di masa pandemi covid 19.

Sebab, Badan Pusat Statistik (BPS) merilis sektor pertanian menjadi penyumbang tertinggi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional pada triwulan II 2020 yang mengalami penurunan sebesar 4,19 persen (Q to Q) dan secara year on year (yoy) turun 5,32 persen.

PDB pertanian tumbuh 16,24 persen pada triwulan-II 2020 (q to q) dan bahkan secara yoy, sektor pertanian tetap berkontribusi positif yakni tumbuh 2,19 persen.

Mentan SYL bersama pejabat setempat melakukan panen raya padi di Desa Rias, Toboali, Bangka Selatan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News