JPNN.com

Stoner Terkejut Raih Pole

Sabtu, 30 Juni 2012 – 07:54 WIB Stoner Terkejut Raih Pole - JPNN.com
ASSEN - Cuaca yang tak menentu membuat persaingan MotoGP Belanda di Sirkuit Assen masih sulit diprediksi. Hujan sangat berpeluang terjadi saat balapan yang berlangsung hari ini. Meski demikian, Big Three MotoGP masih menunjukkan dominasinya di kualifikasi yang berlangsung kemarin (29/6).

Juara dunia MotoGP 2011 Casey Stoner, meraih pole position MotoGP Belanda. Dalam sesi kualifikasi berdurasi 1 jam kemarin, pembalap Repsol Honda tersebut mencatat waktu terbaik 1 menit 33,713 detik.

Stoner, yang akhir musim 2012 ini pensiun, mengalahkan dua rival terberatnya, yaitu rekan setim Dani Pedrosa, serta pembalap Yamaha yang kini memimpin klasemen sementara, Jorge Lorenzo. Stoner unggul 0,115 detik atas Pedrosa, dan lebih cepat 0,288 detik dari Lorenzo.

Ini merupakan pole ketiga Stoner sepanjang musim 2012. Sebelumnya, mantan pembalap Ducati tersebut, yang kini terpaut 25 poin dari Lorenzo di klasemen sementara, mencapai prestasi serupa di Portugal dan Catalan.

Pole tersebut diraih Stoner cukup dramatis. Setelah tertinggal dari Pedrosa dan Lorenzo yang bersaing ketat sejak awal, dia baru mendapatkan waktu terbaiknya saat sesi kualifikasi menyisakan satu menit. Saat itu, lintasan sudah mengering setelah sempat diguyur hujan beberapa menit di tengah sesi.

Stoner mengaku terkejut dengan kecepatan yang didapatnya di kualifikasi. Terutama karena masih banyak masalah yang dihadapinya di sesi latihan sehari sebelumnya. Termasuk chatteri alias getaran yang menjadi isu utama Honda RC212V yang ditungganginya musim ini.

Masalah makin buruk ketika dia mendapatkan kecelakaan di sesi latihan terakhir, pagi kemarin. Pemilihan ban juga menjadi kendala. Sepanjang sesi, dia tetap memakai ban hard yang performanya ikut naik turun seiring pergantian cuaca.

"Satu lap yang membuat kami terkejut, seperti halnya orang lain. Kami tak menyadari mendapatkan laju seperti itu. Dengan kecepatan seperti itu, kami tinggal mendapatkan kepastian saat balapan," tutur Stoner.

Perubahan cuaca menjadi perhatian serius seluruh tim dan pembalapnya. Dengan awan hitam yang makin tebal, seluruh pembalap berlomba mendapatkan wakltu terbaiknya sejak awal sesi. Salah satunya Lorenzo yang sudah memimpin di lima menit pertama dengan catatan 1 menit 34,376 detik, meski lima menit kemudian dikalahkan Pedrosa dengan selisih 0,090 detik.

"Hujan hari ini membuat jalan kami sedikit lebih sulit, baik di pagi hari juga di siang hari. Akhirnya kami bisa meraih kecepatan tertinggi di lima menit terakhir untuk bersaing meraih pole," tutur Lorenzo seperti dikutip Autosport.

Sejauh ini Lorenzo memang masih jadi pembalap paling konsisten. Gagal meraih pole, bukan berarti mengendurkan ambisi Lorenzo untuk menambah jarak poinnya dari Stoner. Prioritasnya tetap meraih kemenangan.

"Yang penting adalah menyelesaikan balapan dan meraih banyak poin, dan mendapatkan perasaan yang baik pada motor. Itu sepertinya sudah kami dapatkan di sini, lihat saja besok (hari ini)," kata Lorenzo. (ady)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...