Strategi di Balik Aksi Stage Dive Mas Agus

Strategi di Balik Aksi Stage Dive Mas Agus
Aksi stage dive Agus Yudhoyono. Foto: dok jpnn

jpnn.com - JPNN.com - Calon Gubernur DKI Jakarta Agus Harimurti Yudhoyono menjadikan aksi stage dive sebagai bagian dari kampanyenya. Putra mantan Presiden RI Soesilo Bambang Yudhoyono ini tercatat sudah tiga kali melakukan aksi yang identik dengan pertunjukan musik rock tersebut.

Pengamat digital marketing Abah Raditya mengatakan, apa yang sedang dilakukan Agus dalam berkampanye sebenarnya sudah sedikit keluar dari tradisi mainstream. Dia mengkombinasikan kampanye konvensional, gimmick kreatif dan substansi.

"Sepintas Agus tetap lakukan lakukan kampanye politik mainstream, tapi ia lakukan modifikasi, kreatifitas dan terobosan-terobosan dalam konteks menemui kantong-kantong massa. Agus lakukan gerilya lapangan. Prinsipnya adalah serap aspirasi lalu ada modifikasi dengan ritual selfie dan sebagainya. Justru bergerilya dengan mendengarkan aspirasi rakayat dan diakhiri dengan berfoto bersama, Agus jadi makin tahu masalah di Jakarta," ucap Abah dalam keterangan persnya, Senin (26/12).

Menurut dia, Agus dan tim juga mengemas konsep gerilya lapangan ini menjadi sesuatu yang asik dan kekinian, mengikuti era baru.

Dimana, lanjutnya, putra Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu, melakukan stage dive, yang tak dilakukan calon lainnya.

"Meski dihina, stage diving ini sebenarnya gabungkan konsep uji kepercayaan dan libatkan massa atau audiensi. Stage diving hanya bisa dilakukan jika yang melompat percaya sama massa, juga massa percaya kepada yang melompat," ungkap Abah.

Pasalnya, dengan melakukan stage dive, lanjut dia, massa yang menangkap Agus akan mendapatkan pengalaman yang selalu diingat. Sehingga menjadi bekal untuk pemilihan nanti.

"Menyambut Agus lompat dari panggung akan jadi pengalaman tersendiri buat massa. Di mana massa ini akan ceritakan ke saudara di rumah dan tetangganya. Kemudian menjadi perbincangan atau viral di lingkungkannya," tandas Abah.

JPNN.com - Calon Gubernur DKI Jakarta Agus Harimurti Yudhoyono menjadikan aksi stage dive sebagai bagian dari kampanyenya. Putra mantan Presiden

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News