Strategi Gibran Merealisasikan Wacana Membuka 19 Juta Lapangan Kerja

Strategi Gibran Merealisasikan Wacana Membuka 19 Juta Lapangan Kerja
Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut dua Gibran Rakabuming Raka mengungkapkan strategi untuk membuka 19 juta lapangan pekerjaan di Indonesia. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut dua Gibran Rakabuming Raka mengungkapkan strategi untuk membuka 19 juta lapangan kerja di Indonesia.

Gibran menjelaskan bakal melanjutkan hilirisasi di berbagai bidang, seperti pertambangan, pertanian, perikanan, dan digital; melanjutkan pemerataan pembangunan yang tidak Jawa sentris; menggenjot ekonomi kreatif; dan menggenjot UMKM.

Hal itu disampaikan Gibran saat menyampaikan visi dan misi dalam debat cawapres KPU RI, Jumat (22/12).

"Jika empat langkah tadi bisa kita penuhi, insyaallah akan terbuka 19 juta lapangan pekerjaan," kata dia di JCC, Senayan, Jakarta, Jumat.

Wali Kota Surakarta tersebut juga menekankan bahwa pemerataan pembangunan merupakan sebuah kewajiban.

Gibran menyebut investasi di luar Pulau Jawa sudah mencapai angka 53 persen.

Lebih lanjut, dia menyebut pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) yang berkelanjutan di Pulau Kalimantan menjadi simbol pemerataan dan transformasi pembangunan di Indonesia, sehingga akan membuka titik pertumbuhan ekonomi baru.

"Pembangunan IKN yang berkelanjutan ini akan membuka titik pertumbuhan ekonomi baru, akan membuka akses dan juga konektivitas, sekaligus membuka lapangan kerja," imbuh Gibran.(antara/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:

Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut dua Gibran Rakabuming Raka mengungkapkan strategi untuk membuka 19 juta lapangan pekerjaan di Indonesia.


Redaktur & Reporter : Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News