Studi: Obat Penghilang Rasa Sakit Cegah Risiko Kanker Hati

Studi: Obat Penghilang Rasa Sakit Cegah Risiko Kanker Hati
Studi: Obat Penghilang Rasa Sakit Cegah Risiko Kanker Hati
CALIFORNIA - Aspirin dan beberapa jenis terapi obat yang biasa digunakan sebagai penghilang rasa sakit bisa mencegah kanker hati dan penyakit hati lainnya. Penelitian baru ini akan diterbitkan dalam Journal of National Cancer Institute, 5 Desember mendatang.

Menurut Ryan Jaslow dari CBS News, penelitian yang muncul menyimpulkan bahwa orang yang mengonsumsi aspirin 41 persen lebih kecil kemungkinannya menderita karsinoma hepatoseluler (HCC) dan 45 persen lebih kecil kemungkinannya meninggal akibat  penyakit hati kronis.

Sementara mereka yang menggunakan non-aspirin, nonsteroidal anti-inflammatory drugs, atau NSAID seperti ibuprofen atau naproxen sodium, memiliki risiko 26 persen lebih kecil kemungkinan terserang penyakit hati. Namun, studi yang menganalisis lebih dari 300 ribu pria dan wanita berusia 50 hingga 71 tahun dalam jangka waktu 10 sampai 12 tahun tersebut tidak menemukan hubungan antara NSAID serta penurunan risiko HCC.

"Aspirin, secara khusus ketika digunakan dengan eksklusif atau dengan non-aspirin NSAID lain menunjukkan efek perlindungan konsisten berkaitan dengan kejadian HCC dan kematian akibat CLD, terlepas dari frekuensi atau eksklusivitas penggunaan," ujar Jaslow seperti dilansir redorbit.

CALIFORNIA - Aspirin dan beberapa jenis terapi obat yang biasa digunakan sebagai penghilang rasa sakit bisa mencegah kanker hati dan penyakit hati

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News