Subang dan Jember, Pilot Project Kerja Sama RI-Belanda

Subang dan Jember, Pilot Project Kerja Sama RI-Belanda
Kerja sama Pemerintah RI dan Belanda di bidang kebudayaan dan pendidikan kejuruan. Foto: Mesya Mohammad/JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Pemerintah RI dan Belanda bersepakat untuk memperkuat kerja sama bidang kebudayaan dan pendidikan kejuruan.

Bentuk kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan tiga naskah kerja sama yaitu Memorandum of Understanding (MoU) bidang kebudayaan, Letter of Intent (LoI) kerja sama kemitraan komprehensif bidang pengembangan pendidikan dan pelatihan kejuruan.

Satu lagi, Technical Arrangement (TA) mengenai identifikasi Kebutuhan untuk Proyek Percontohan di Indonesia serta Revitalisasi Pendidikan dan Pelatihan Kejuruan di Sektor Pertanian.

MoU bidang Kebudayaan ditandatangani Mendikbud RI Muhadjir Effendy dan Menteri Pendidikan, Kebudayaan dan Ilmu Pengetahuan Belanda, Jet Bussemaker.

"MoU ini diinisiasi dengan mengingat beberapa hal yaitu Belanda merupakan mitra strategis Indonesia di wilayah Eropa. Indonesia dan Belanda memiliki hubungan masa lalu yang panjang sehingga memberikan pengaruh berbagai hal satu sama lain termasuk kebudayaan. Di samping memiliki keunggulan masing-masing yang bisa dikembangkan," kata Muhadjir saat memberikan sambutan di acara tersebut, Jakarta, Senin (13/2).

Belanda memiliki keunggulan dalam bidang pengelolaan museum dan arsip sedangkan Indonesia kaya akan keanekaragaman tradisi dan budaya.

Selain MoU, juga ditandatangani Letter of Intent (LoI) oleh kedua negara yang menitikberatkan pada bidang pendidikan dan kejuruan. Yaitu pertanian, kelautan, pariwisata dan industri kreatif.

Untuk Technical Arrangement (TA) ditandatangani Direktur Pembinaan SMK, Mustaghfirin Amin dan Duta Besar Kerajaan Belanda untuk Indonesia, Rob Swartbol.

Pemerintah RI dan Belanda bersepakat untuk memperkuat kerja sama bidang kebudayaan dan pendidikan kejuruan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News