Sudah 650 Nyawa Melayang, Assad Terus Bombardir Ghouta

Sudah 650 Nyawa Melayang, Assad Terus Bombardir Ghouta
Kondisi Eastern Ghouta setelah dua pekan dibombardir terus menerus dari udara oleh pasukan Syria dan Rusia. Foto: CNN

jpnn.com, BEIRUT - Hujan peluru di Eastern Ghouta, Syria, tidak berhenti. Saat ini serangan militer Syria difokuskan ke Kota Mesraba. BBC melansir bahwa Presiden Bashar Al Assad berhasil menguasai 10 persen wilayah Eastern Ghouta setelah membombardirnya tanpa henti selama dua pekan.

Penduduk yang ketakutan dengan gempuran terus-menerus itu akhirnya memilih melarikan diri dari tempat tinggalnya.

Syrian Observatory for Human Rights (SOHR) kemarin, Minggu (4/3) melaporkan bahwa 300–400 penduduk melarikan diri dari Beit Sawa.

Pasukan Assad sudah berjarak 3 kilometer dari Beit Sawa. Berbagai laporan menyebutkan, serangan yang dilancarkan Assad itu bertujuan untuk membelah Eastern Ghouta menjadi dua.

Pasukan Syria menyatakan bahwa pihaknya menggempur Eastern Ghouta karena pasukan pemberontak meluncurkan serangan di dekat Damaskus.

’’Sejumlah besar teroris telah terbunuh dan markas besar, terowongan, benteng, dan peralatan mereka telah dihancurkan,’’ bunyi pernyataan pasukan Syria kemarin.

Di pihak lain, PBB mengungkap lebih dari 650 orang tewas dan 2 ribuan lainnya luka-luka akibat serangan pasukan Syria sejak 18 Februari. Sekitar 150 korban tewas adalah anak-anak.

PBB menyatakan bahwa militer Syria telah memberikan hukuman kolektif kepada seluruh penduduk Eastern Ghouta. Penduduk kian merana karena gencatan senjata lima jam per hari agar bantuan kemanusiaan bisa masuk ke Eastern Ghouta tak pernah terealisasi.

Dua pekan sudah pasukan Syria dan Rusia membombardir Eastern Ghouta. Sudah 650 nyawa melayang akibat operasi pengeboman brutal itu

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News