Sukabumi dan Bogor Diguncang Gempa

Sukabumi dan Bogor Diguncang Gempa
Ilustrasi gempa bumi. Foto : Pixabay

jpnn.com, BOGOR - Wilayah Kabupaten Bogor dan sekitarnya diguncang gempa tektonik Magnitudo 2,4 pada Rabu (15/1) malam, pukul 19:50 WIB.

Analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa berkekuatan Magnitudo 2,4 dengan pusat gempa terletak pada koordinat 6.71 LS – 106.56 BT, tepatnya berada di Darat pada jarak 29 km Barat Daya Kota Bogor dengan kedalaman 20 Kilometer.

Ditinjau dari lokasi epicenter dan kedalaman hiposenternya tampak bahwa gempa yang terjadi merupakan serangkaian gempa Dangkal di kaki gunung Salak akibat aktivitas Sesar lokal wilayah setempat.

Dampak gempa yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa ini dirasakan di wilayah Kecamatan Pamijahan dengan Skala Intensitas II–III MMI.

Di Kecamatan Leuwiliang dengan Skala Intensitas II–III MMI, di Sukabumi dengan Skala Intensitas II – III MMI, di Daerah Gunung Salak dengan Skala Intensitas II–III MMI.

Di Daerah Gunung Halimun dengan Skala Intensitas II–III MMI. Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa tersebut. (pin/radarbogor)

Gempa Magnitudo 2,4 dengan pusat gempa terletak pada koordinat 6.71 LS – 106.56 BT, tepatnya berada di Darat pada jarak 29 km Barat Daya Kota Bogor dengan kedalaman 20 Kilometer.


Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News