Sukses Mengantarkan Kandidat Menang di Pilkada

Sukses Mengantarkan Kandidat Menang di Pilkada
Sukses Mengantarkan Kandidat Menang di Pilkada. Foto JPNN.com

jpnn.com - JPNN.com JAKARTA - Jaringan Suara Indonesia (JSI) berhasil mengantarkan kandidat yang didampingi memenangi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang digelar pada 9 Desember 2015.

Sebagai lembagai survei dan konsultan politik, 12 pasangan yang didampingi, sembilan yang meraup suara tertinggi.

Empat dari sembilan yang memeroleh kemenangan itu berada di Sulawesi Selatan. Masing-masing, Adnan Purichta Ichsan-Abd Rauf Kr Kio di Gowa, Andi Idris Syukur-Suardi Saleh di Barru, Indah Putri Indriani-Thahar Rum (Luwu Utara), serta Andi Sukri Sappewali-Tommy Satria (Bulukumba).

Sementara lima daerah lainya adalah pasangan terpilih di Lampung Selatan Zainudin Hasan- Nanang, Kolaka Timur, maupun di Muna (Sulawesi Tenggara), Rosjonsyah di Lebong (Bengkulu), serta pasangan terpilih di Mamuju (Sulawesi Barat).

Tiga kandidat yang didampingi dan belum berhasil menorehkan kemenangan, yakni Abd Rahman Assegaf-Kamrussamad (Pangkep), Yusran Amirullah-Sudarsono (Lampung Timur), serta Asnawi Syukur - A Rustam Tamburaka di Konawe Selatan


"Khusus Rahman-Kamru, serta Yusran-Sudarsono, sebelum pencoblosan, hasil surveinya berada di posisi pertama. Hanya saja, keunggulan duet itu tidak bisa dipertahankan akibat dugaan masifnya politik uang yang dilakukan kubu rivalnya. Meski demikian, selisih dari peraih suara terbanyak, angkanya tergolong tipis," kata Wakil Direktur Eksekutif JSI, Popon Lingga Geni dalam keterangan persnya di Jakarta, Senin (21/12).

Popon menjelaskan kemenangan yang diraih kandidat yang didampinginya tidak lepas dari rekomendasi yang disarankan mampu dijalankan secara maksimal oleh tim dan relawan, termasuk figur kandidat bisa meyakinkan masyarakat.

"Kekuatan figur kandidat juga menjadi penentu, baik mampu memanfaatkan ruang sosialisasi lebih intens, maupun mampu menjalankan rekomendasi-rekomendasi berdasar riset," ucapnya.

JPNN.com JAKARTA - Jaringan Suara Indonesia (JSI) berhasil mengantarkan kandidat yang didampingi memenangi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News