Sukses Pemilu Penting untuk Pertumbuhan Demokrasi

Sukses Pemilu Penting untuk Pertumbuhan Demokrasi
Forum Penguatan Demokrasi Indonesia untuk Menyukseskan Pemilu Serentak 2019 yang dihelat di Hotel Horison Ultima Bandung, Rabu (20/2), berjalan sukses. Foto: Istimewa

jpnn.com, BANDUNG - Forum Penguatan Demokrasi Indonesia untuk Menyukseskan Pemilu Serentak 2019 yang dihelat di Hotel Horison Ultima Bandung, Rabu (20/2), berjalan sukses.

Kasubdit Fasilitasi Lembaga Pemerintahan dan Perwakilan. Sekretaris Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum Didi Sudiana menyampaikan terima kasih kepada panitia penyelenggara dan Badan Kesbangpol Provinsi Jawa Barat.

Menurut Didi, acara itu memiliki arti penting. Salah satunya sebagai upaya memperkuat kelembagaan Pokja Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) Provinsi Jawa Barat dalam menyusun strategi dan rencana aksi  peningkatan pencapaian.

“Forum ini merupakan salah satu media dalam memberikan pemahaman terkait langkah-langkah peningkatan kualitas demokrasi dalam menyukseskan Pemilu 2019,” kata Didi.

Sukses Pemilu Penting untuk Pertumbuhan Demokrasi

Hasil capaian pengukuran IDI pada 2017 ialah sebesar 72,11 atau mengalami kenaikan 2,02 poin dibandingkan 2016 yang sebesar 70,09.

Meskipun capaian itu masih dalam kategori sedang, tetapi mengindikasikan ada upaya perbaikan yang senantiasa dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas demokrasi di Indonesia.

Capaian skor IDI Provinsi Jawa Barat pada 2017 ialah 68,78 poin atau mengalami kenaikan dibandingkan 2016 yang sebesar 1,96 poin.

Forum Penguatan Demokrasi Indonesia untuk Menyukseskan Pemilu Serentak 2019 yang dihelat di Hotel Horison Ultima Bandung, Rabu (20/2), berjalan sukses.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News