Suku Kimyal Mengamuk, Bawa Busur dan Parang, Ada yang Tewas

Suku Kimyal Mengamuk, Bawa Busur dan Parang, Ada yang Tewas
Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Drs Ahmad Mustofa Kamal SH.(ANTARA News Papua/HO-Pendam XVII/Cenderawasih)

jpnn.com, PAPUA - Aksi penyerangan terjadi di Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua pada Minggu (3/10) siang pukul 12.45.

Penyerangan dilakukan warga dari Suku Kimyal terhadap Suku Yali.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Mustofa Kamal mengatakan penyerangan itu sudah ditangani aparat kepolisian setempat. Penyidik pun mengusut awal mula terjadinya penyerangan.

“Suku Kimyal yang dipimpin Morome Keya Busup menyerang dengan dua minibus dan membawa busur panah hingga parang mendatangi masyarakat Suku Yali,” kata Kamal dalam siaran persnya, Minggu (3/10).

Mendapati laporan itu, polisi langsung menuju lokasi untuk menghalau massa. Lalu pada pukul 13.00 massa berhasil dihalau.

“Namun, tak sampai di situ. Massa kembali menyerang Suku Yali yang ada di Hotel Nuri,” kata Kamal.

Perwira menengah itu menambahkan massa juga berusaha membakar rumah dari warga Suku Yali. Namun, lagi-lagi berhasil dibubarkan petugas.

Atas insiden tersebut, aparat gabungan TNI-Polri kemudian mengamankan objek vital seperti kantor pemerintahan, rumah sakit, dan fasilitas umum lainnya.

Aksi penyerangan dilakukan warga Suku Kimyal ke Suku Yali yang ada di Distrik Dekai, Yahukimo, Papua, Minggu (3/10). Atas insiden ini, ada 52 orang ditangkap polisi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News