Sultan Ajak Masyarakat Membanjiri Ruang Digital dengan Konten Positif

Sultan Ajak Masyarakat Membanjiri Ruang Digital dengan Konten Positif
Wakil Ketua DPD RI Sultan B Najamudin. Foto: Humas DPD RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua DPD RI Sultan B Najamudin mengajak masyarakat membanjiri laman-laman sosial media dan aplikasi sejenisnya dengan konten positif di tengah maraknya hoaks dan ujaran kebencian.

"Hari ini kita sering disuguhkan konten negatif yang tidak mendidik. Bahkan di ruang digital kita sangat sesak dengan narasi-narasi yang berbau kejahatan serta mengancam persatuan dan kesatuan NKRI," ujar Sultan di Jakarta, Kamis (20/5).

Menurut Sultan, perkembangan teknologi informasi kerap digunakan pihak tidak bertanggung jawab untuk menyebar hoaks, penipuan daring, perjudian, eksploitasi seksual pada anak, perundungan siber, ujaran kebencian, bahkan radikalisme berbasis digital.

Oleh karena itu, senator muda asal Bengkulu tersebut menghimbau agar ruang digital bisa dimanfaatkan sebagai alat edukasi. Para netizen juga diharapkan memiliki kesadaran bersama untuk memaksimalkan peran teknologi untuk hal positif.

Sebab, kata Sultan, era digital saat ini memiliki dampak seperti dua sisi mata uang, ada aspek positif dan negatifnya.

"Jika digunakan secara arif akan banyak mendatangkan manfaat, tetapi jika digunakan secara salah justru akan mengakibatkan ketidakbaikan," ujar Sultan.

Dia juga sepakat bahwa peningkatan literasi digital kepada masyarakat menjadi kebutuhan di era teknologi informasi yang berkembang pesat.

"Saya mendukung apa yang disampaikan Bapak Presiden Joko Widodo yang mengapresiasi 110 lembaga dan berbagai komunitas yang terlibat dalam program literasi digital nasional. Gerakan ini harus terus dilakukan agar masyarakat makin cakap dalam memanfaatkan internet," pungkas Sultan. (*/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:

Wakil Ketua DPD RI Sultan Burhanudin Najamudin prihatin dengan maraknya konten hoaks dan ujaran kebencian di medsos.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News