Sultan DPD Minta Pemda Mewaspadai Dampak Ancaman La Nina Bagi Petani, Begini Sarannya

Sultan DPD Minta Pemda Mewaspadai Dampak Ancaman La Nina Bagi Petani, Begini Sarannya
Wakil Ketua DPD Sultan B Najamudin meminta pemda mewaspadai dampak ancaman La Nina bagi petani. Foto: Dokumentasi Humas DPD RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua DPD RI Sultan B Najamudin meminta pemerintah daerah (pemda) mewaspadai ancaman fenomena La Nina terhadap musim panen raya petani di daerah saat ini.

Dia meminta pemda memastikan petani tercover program Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP).

Sultan menyampaikan pakar klimatologi di BMKG memprediksi La Nina yang terjadi sejak dua tahun terakhir baru akan netral sekitar Maret-April 2023.

Hal ini tentu sedikit banyak akan mengganggu pesta panen raya petani pada Maret ini.

Karena itu, dia minta pemerintah dan BMKG terus memantau perkembangan anomali iklim khususnya la Nina yang bisa saja unpredictable.

"Segera mengantisipasi gagal panen, karena ancaman Puso padi sudah terjadi di beberapa wilayah yang siap panen awal bulan ini," ungkap Sultan melalui keterangan resminya, Rabu (1/3).

Sultan menyebutkan pada periode Januari hingga 20 Februari 2023, terdapat 2.101 hektare sawah yang ditanam padi di Jawa Timur terdampak banjir.

Terkait hal itu, pemda harus memastikan agar petani memberikan perhatian pada upaya mitigasi atas ancaman bencana pada lahan pertaniannya melalui program asuransi pertanian.

Wakil Ketua DPD Sultan B Najamudin meminta pemda mewaspadai dampak ancaman La Nina bagi petani, begini sarannya, simak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News