Sultan HB X Sebut COVID-19 Penyakit yang Paling Murah

Sultan HB X Sebut COVID-19 Penyakit yang Paling Murah
Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X. Foto: NTARA/Luqman Hakim

jpnn.com, YOGYAKARTA - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan COVID-19 tergolong penyakit yang murah, karena untuk mencegahnya masyarakat cukup tinggal di rumah.

"Apa pun virus ini bermimikri jadi 16, atau apa pun sebenarnya corona itu penyakit yang paling murah," kata Raja Keraton Yogyakarta itu.

Hanya saja, menurut dia, banyak masyarakat yang tidak tahan untuk tetap tinggal di rumah sehingga akhirnya berpotensi terpapar.

"Sebenarnya corona itu penyakit yang paling murah, cukup tinggal di rumah, kan gitu to. Namun, untuk tinggal di rumah pada tidak tahan, jadi akhirnya jadi mahal," kata dia.

Dia meminta masyarakat tetap menjaga kedisiplinan menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan, serta menjaga jarak fisik merespons munculnya mutasi SARS-CoV-2 penyebab COVID-19.

"Saya belum tahu pasti. Namun, yang penting bagi saya bagaimana protokol kesehatan itu dijaga. Jadi itu sangat penting. Cuci tangan, pakai masker, jaga jarak, yang penting itu saja," kata Sultan di Grhatama Pustaka, Bantul, Senin (31/8).

Oleh sebab itu, Sultan berharap protokol kesehatan betul-betul diterapkan.

Meski demikian, bukan berarti masyarakat tidak boleh sama sekali beraktivitas seperti berdagang, membuka aktivitas pariwisata, serta perhotelan.

Pakar mengidentifikasi ada strain virus corona penyebab COVID-19 yang lebih menular di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News