Sultan: SDM Nakes Berkualitas Internasional Harus Dibangun Sejak Dini

Sultan: SDM Nakes Berkualitas Internasional Harus Dibangun Sejak Dini
Wakil Ketua DPD RI Sultan B Najamudin. Foto: Humas DPD RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua DPD RI Sultan B Najamudin memuji langkah Presiden Joko Widodo untuk membangun RS Internasional di Bali.

Sultan menyampaikan hal itu menanggapi langkah Presiden Jokowui yang secara resmi melakukan peletakan batu pertama atau ground breaking pembangunan Rumah Sakit (RS) Internasional Bali pada Senin (27/12/2021).

“Kami mendorong agar pembangunan RS Internasional ini harus dibarengi dengan peningkatan kualitas lembaga pendidikan vokasi dokter dan perawat di dalam negeri. SDM kesehatan dengan kualitas internasional juga harus dibangun sejak dini,” tegas senator muda asal Bengkulu itu, Rabu (29/12/2021).

Menurut Sultan, Indonesia belum memiliki lembaga sertifikasi internasional tenaga kesehatan (nakes), khususnya perawat.

Padahal, kata eks Wakil Gubernur Bengkulu ini, tenaga ahli madya perawat kita dibutuhkan oleh Eropa yang mematok standar perawat kualitas tinggi.

Pada bagian lain, Sultan mengatakan pembangunan RS Internasional tersebut sebagai langkah maju yang akan menjadi fitur berwisata baru yang efektif utnuk meningkatkan grade wisata Bali dan jumlah wisatawan lokal hingga asing ke Bali.

Menurut Sultan, dengan menyediakan fasilitas kesehatan kelas internasional, Bali tidak hanya akan menjadi destinasi wisata kelas dunia, tetapi juga merupakan rujukan pengobatan dan pemulihan bagi kesehatan fisik dan psikis secara terintegrasi.

Sultan optimistis harapan pemerintah menahan laju keluarnya devisa negara dengan memberikan pilihan pengobatan di RS modern ini akan efektif terwujud.

Wakil Ketua DPD RI Sultan B Najamudin mendorong pembangunan RS Internasional di Bali harus dibarengi dengan peningkatan kualitas SDM nakes berkualitas internasional sejak dini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News