Sumpah Pemuda II Diikrarkan di Bogor

Sumpah Pemuda II Diikrarkan di Bogor
Ratusan pemuda yang mewakili puluhan organisasi kemasyarakatan pemuda (OKP) dari seluruh Indonesia akan mengikrarkan Sumpah Pemuda II. Foto: Dok Pri

jpnn.com, BOGOR - Ratusan pemuda yang mewakili puluhan organisasi kemasyarakatan pemuda (OKP) dari seluruh Indonesia akan mengikrarkan Sumpah Pemuda II.

Acara itu akan dihelat di kawasan Paledang, Bogor, Jawa Barat, Selasa (8/10). Ikrar akan dilanjutkan dengan Kongres Pemuda Indonesia II.

Menurut rencana, Sumpah Pemuda II dan Kongres Pemuda Indonesia II akan dihadiri tokoh-tokoh pemuda dari seluruh Indonesia.

Setelah diikrarkan, naskah Sumpah Pemuda II akan diserahkan langsung kepada Presiden Joko Widodo di Istana Bogor, sebagai aspirasi para pemuda Indonesia.

Sumpah Pemuda II ini meliputi 5 (lima) ikrar, yakni tiga ikrar persis seperti Sumpah Pemuda I, ditambah dua ikrar baru.

“Mencermati kondisi bangsa Indonesia saat ini, para pemuda Indonesia pun bergerak dan menyampaikan aspirasi kepada Presiden Bapak Jokowi,” ujar Dian Asafri, salah satu tokoh pemuda dalam soft launching Sumpah Pemuda II di kawasan Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan, Senin (7/10).

Dengan adanya dua tambahan ikrar baru dari tiga ikrar dalam Sumpah Pemuda I, Sumpah Pemuda II diharapkan tokoh pemuda tersebut dapat menggugah semangat bangsa ini, terutama kaum pemuda.

Hal itu untuk mengamalkan dan mengamankan ideologi Pancasila dari gempuran ideologi ekstrem kiri (komunisme) maupun ekstrem kanan (khilafah).

Ratusan pemuda yang mewakili puluhan organisasi kemasyarakatan pemuda (OKP) dari seluruh Indonesia akan mengikrarkan Sumpah Pemuda II.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News