Sumsel Dipercaya jadi Tuan Rumah Pertemuan Nasional FP2TPKI, Herman Deru Sampaikan Hal Ini

Sumsel Dipercaya jadi Tuan Rumah Pertemuan Nasional FP2TPKI, Herman Deru Sampaikan Hal Ini
Gubernur Sumsel Herman Deru (kiri) menerima kunjungan pengurus FP2TPKI Universitas Sriwijaya, Senin (27/2). Foto: Dokumentasi Humas Pemprov Sumsel

jpnn.com, PALEMBANG - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru menyatakan dukungannya terhadap penyelenggaraan pertemuan nasional Forum Pimpinan Perguruan Tinggi Perikanan dan Kelautan Indonesia (FP2TPKI) dengan Sumsel dipercaya sebagai tuan rumah.

Menurutnya, kegiatan tersebut akan menjadi ajang meperkenalkan Sumsel sebagai lumbung pangan, khususnya di sektor perikanan dan kelautan.

"Kami sangat mendukung kegiatan itu, apalagi kita sebagai tuan rumah sehingga ini dapat menjadi ajang tukar pikiran dalam mengatasi persoalan perikanan dan kelautan sekaligus meningkatkan potensi perikanan di Sumsel," kata Gubernur Herman Deru saat menerima pengurus FP2TPKI Universitas Sriwijaya, Senin (27/2).

Mantan Bupati Ogan Komering Ulu Timur dua periode itu meyakini pertemuan tersebut juga dapat berdampak baik bagi keberlangsungan perikanan di Sumsel.

"Saat ini beberapa spesies ikan yang ada di Sumsel sudah sangat jarang ditemui. Tentunya dengan adanya pertemuan itu akan ada masukan sehingga dapat menjadi acuan dalam menjaga ekosistem perikanan di Sumsel ini," harap peraih gelar Bintang Jasa Pratama itu.

Dalam audiensi tersebut, Gubernur Herman Deru dan FP2TPKI Unsri juga membahas soal pemberdayaan Pulau Maspari yang ada di Kabupaten OKI.

Menurutnya, Pulau Maspari memiliki potensi besar bagi perekonomian masyarakat.

"Potensi pulau Maspari ini sangat besar bagi keberlangsungan masyarakat. Karena itu, hingga saat ini kami terus berupaya memberdayagunakan pulau tersebut," beber Herman Deru.

Sebagai informasi, pertemuan nasional FP2TPKI yang akan digelar dalam waktu dekat akan dihadiri sejumlah perwakilan dari perguruan tinggi negeri maupun swasta di tanah air.

"Ada 106 anggota perguruan tinggi negeri maupun swasta yang akan hadir. Biasanya, setiap perguruan tinggi diwakilkan tiga orang," kata Dekan Fakultas Pertanian Unsri Prof A Muslim.

Sumsel ditunjuk sebagai tuan rumah pertemuan nasional FP2TPKI pertama di 2023 ini.

"Pertemuan ini dilakukan dua kali dalam setahun. Kita ditunjuk sebagai tuan rumah pada pertemuan pertama ini," jelasnya.

Menurut Muslim, pertemuan ini akan menjadi sarana yang baik dalam mendongkrak potensi perikanan di Sumsel.

"Melalui pertemuan ini kami akan memaparkan terkait potensi Sumsel di sektor perikanan," imbuh Muslim.

Tak hanya itu, rangkaian pertemuan nasional FP2TPKI di Palembang, Sumsel, juga akan diisi dengan penebaran ikan di embung yang ada di Unsri Indralaya.

"Mudah-mudahan ini menjadi langkah yang baik dalam mendongkrak potensi perikanan dan kelautan didaerah ini," pungkasnya. (mrk/jpnn)

Gubernur Herman Deru menyampaikan hal ini terkait pertemuan nasional FP2TPKI dengan Sumsel dipercaya sebagai tuan rumah


Redaktur & Reporter : Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News