Suntikan Gula Bisa Jadi Alternatif Pengobatan Nyeri Sendi Lutut

Suntikan Gula Bisa Jadi Alternatif Pengobatan Nyeri Sendi Lutut
Ilustrasi suntik. Foto: AFP

jpnn.com - Sebuah pendekatan pengobatan alternatif untuk nyeri sendi yang biasanya menggunakan suntikan gula atau natrium mungkin bisa dicoba untuk penderita osteoartritis lutut setelah pendekatan tradisional gagal.

Knee osteoarthritis (lutut osteoarthritis), penyebab utama rasa sakit dan cacat pada orang dewasa yang lebih tua, terjadi ketika adanya kerusakan jaringan penyambung sendi yang diikuti proses pembengkakan dan pembentukan tulang atau tulang rawan baru pada sendi.

Meskipun tidak bisa disembuhkan, terapi fisik atau obat anti-inflamasi sering diresepkan untuk mengurangi rasa sakit dan meningkatkan mobilitas.

Peneliti mengkaji data dari 10 studi sebelumnya dari apa yang dikenal sebagai prolotherapy, yang sering digunakan untuk nyeri punggung kronis.

Prolotherapy melibatkan penyuntikan larutan iritasi alami seperti gula atau natrium pada jaringan lunak seperti ligamen, tendon atau otot yang terluka atau robek.

Hasil dari studi ini, yang memiliki total 529 pasien, menunjukkan bahwa prolotherapy mungkin menjadi cara yang aman untuk membantu meringankan rasa sakit dari osteoarthritis lutut.

"Namun bukti tentang efektivitas prolotherapy tidak cukup kuat untuk direkomendasikan sebagai pengobatan utama osteoarthritis lutut setelah pengobatan lain gagal," kata peneliti senior, Dr. Nicola Maffulli, seperti dilanisr laman Lifescript, Kamis (4/5).

"Ini harus selalu menjadi bagian dari rencana manajemen holistik, dengan pengurangan berat badan, perubahan aktivitas dan fisioterapi," tambah Maffulli.

Sebuah pendekatan pengobatan alternatif untuk nyeri sendi yang biasanya menggunakan suntikan gula atau natrium mungkin bisa dicoba untuk penderita

Sumber Health.com

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News